Dark/Light Mode

RAN PE Bikin Indeks Kerukunan Umat Beragama Naik

Selasa, 19 September 2023 17:27 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan, hasil kerja keras seluruh pihak dalam pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE), telah berkontribusi terhadap kondisi makro sosial yang lebih baik.

Salah satunya, kenaikan angka Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB). Kontribusi tersebut tercatat melalui Hasil Evaluasi Paruh Waktu (Mid Term Evaluation) 2 Tahun Pelaksanaan RAN PE yang diterbitkan oleh Tim Evaluator Independen.

"Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang sebelumnya tercatat 67,46 persen pada tahun 2021, menjadi 72,39 persen pada tahun 2022," kata Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono.

Baca juga : Denny JA: Presiden Indonesia Jangan Lagi Berakhir Sedih

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Focus Group Discussion Capaian Dan Progres Pelaksanaan Implementasi RAN PE Kementerian/Lembaga Di Bawah Koordinasi Kemenko Polhukam, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/9).

Sestama BNPT juga menyebut, capaian baik RAN PE terlihat secara kuantitatif dimana tercatat 122 aksi dari 135 aksi (90,4 persen) telah dilaksanakan.

"Berdasarkan hasil identifikasi Sekretariat Bersama RAN PE, secara kuantitatif tercatat 122 aksi dari 135 aksi (90,4 persen). Dan untuk Tahun 2023, terdapat 91 aksi dengan 323 kegiatan yang dikomitmenkan oleh Kementerian/Lembaga untuk di jalankan," ungkapnya.

Baca juga : Relawan Sedulur Saklawase Gaet Dukungan Lewat Senam Sehat Bersama

Dengan adanya sejumlah capaian baik pelaksanaan RAN PE ini, ia pun berharap kolaborasi dan kerja sama ini dapat terus dilanjutkan dalam rangka menciptakan Indonesia yang damai, harmoni dan tanpa kekerasan.

"Kiranya kolaborasi ini dapat terus kita lanjutkan sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama yaitu memberikan perlindungan hak atas rasa aman warga negara dari ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme dapat kita wujudkan," bebernya.

Sementara, Deputi V Kamtibmas Kemenko Polhukam, Asisten Deputi Bidang Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa Brigjen Bambang Pristiwanto berharap, seluruh kementerian terkait serta pemerintah daerah terus bersinergi dan berperan aktif dalam pelaksanaan RAN PE.

Baca juga : Kemenpora: Indeks Pembangunan Pemuda Naik

"Seluruh kementerian terkait dan pemerintah di daerah dapat bersama-sama bersinergi berperan aktif meningkatkan dan mengoptimalkan RAN PE," harap Bambang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.