Dark/Light Mode

Hijaukan IKN, Jokowi: Persemaian Mentawir Hampir 100 Persen Selesai

Kamis, 21 September 2023 14:57 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis (21/09/2023). Foto:BPMI Setpres/ Muchlis Jr
Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis (21/09/2023). Foto:BPMI Setpres/ Muchlis Jr

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan persemaian Mentawir, Kalimantan Timur (Kaltim) sudah hampir 100 persen selesai dan siap dimanfaatkan untuk menghijaukan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9). 

Menurut Presiden persemaian tersebut sudah hampir selesai seluruhnya.

Baca juga : Bio Farma dan Unpad Gelar Pelatihan Pembuatan Vaksin Pada 10 Peneliti Negara OKI

“Dulu kita masuk belum kelihatan, sekarang ini sudah hampir 100 persen selesai tinggal rapihkan saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, Presiden menyebut bahwa Persemaian Mentawir akan mampu memproduksi 15 juta bibit tanaman per tahun. 

Menurutnya, persemaian tersebut disiapkan untuk menghijaukan IKN dan kawasan sekitarnya.

Baca juga : Jaga Kesehatan Mental Anda, Bersahabatlah Dengan 8 Tipe Orang Ini

“Persemaian Mentawir Ini adalah persemaian yang kita siapkan untuk menghijaukan Ibu Kota Nusantara plus sekitarnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan bahwa tahapan selanjutnya dalam menjaga kelestarian lingkungan kawasan IKN melalui persemaian tersebut, adalah dengan menyiapkan manajemen penanaman di lapangan.

“Tinggal nanti ditanam di mana. Pengaturannya akan dilakukan oleh Menteri Kehutanan, Ibu Dirjen, dan Otoritas (IKN). Tanaman itu akan mempercantik ibu kota dan mengembalikan hutan di Ibu Kota Nusantara menjadi tropical rain forest lagi,” jelasnya.

Baca juga : Cek Kualitas Udara, Permintaan Produk MSI Naik Hingga 30 Persen

Selain itu, Presiden juga menekankan, agar nantinya bibit yang telah disiapkan dan akan ditanam di kawasan IKN dapat tumbuh dengan baik.

“Langsung kita siapkan nanti manajemen penanaman di lapangan sehingga semua yang ditanam, semua tumbuh,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.