Dark/Light Mode

Soal Usulan KPK Dibubarkan, Jokowi: Lembaganya Sudah Bagus, Tapi Perlu Evaluasi

Jumat, 25 Agustus 2023 14:17 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, kinerja dan sistem Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan Kepala Negara menanggapi pernyataan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang meminta KPK dibubarkan karena dianggap tidak efektif.

Baca juga : Jokowi: Mozambik Sahabat Dekat Indonesia, Mitra Pertama PTA Pertama Di Afrika

"Ya lembaganya kan bagus, lembaganya kan bagus. Sistemnya sudah bagus, tiap bulan juga ada OTT (operasi tangkap tangan)," ujar Jokowi, di Pasar Brahrang, Sumatera Utara, Jumat (25/8).

Meski begitu, eks Wali Kota Solo ini mengakui, semua lembaga pemerintahan pasti memiliki kekurangan. Sehingga, perlu ada evaluasi dan perbaikan.

Baca juga : Setahun Pelaksanaan, Perpres Revitalisasi Vokasi Masih Perlu Evaluasi

"Ya mesti ada yang perlu dievaluasi, diperbaiki. Saya kira semua lembaga ada kurangnya. Saya kira itu yang harus diperbaiki, dievaluasi," tandas Jokowi.

Sebelumnya, Megawati mengaku pernah meminta Presiden Jokowi untuk membubarkan KPK. Sebab, dia menilai keberadaan KPK tidak efektif menangani korupsi.

Baca juga : Jajal LRT Bareng Artis, Presiden Jokowi: Insyaallah 26 Agustus Beroperasi

"Udah deh bubarin aja KPK itu pak. Jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong cespleng," ujar Mega, dalam acara acara sosialisasi buku teks utama pendidikan Pancasila, di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (21/8).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.