Dark/Light Mode

Ogah Dibanjiri Barang Impor

Wapres Gencarkan Produksi Baja Lokal

Sabtu, 30 September 2023 07:30 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat meresmikan Pabrik PT Lautan Baja di Kabupaten Tangerang, Banten, kemarin. (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat meresmikan Pabrik PT Lautan Baja di Kabupaten Tangerang, Banten, kemarin. (Foto: Setwapres)

 Sebelumnya 
Direktur Komersial PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Akbar Djohan optimistis permintaan baja domestik semakin melon­jak seiring dengan gencarnya proyek swasta yang dibangun di kawasan IKN.

Menurutnya, untuk mendu­kung pertumbuhan permin­taan yang signifikan pada mega proyek IKN maka pengembangan industri baja untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik perlu diperkuat.

Baca juga : Hadapi Perubahan Iklim, Gubernur Khofifah Gencarkan Aksi Tanam Pohon

“Pengembangan industri baja semakin penting bagi Indonesia karena rencana IKN yang memicu peningkatan demand baja dalam negeri,” kata Akbar.

Ketua Cluster Flat Product Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA), Melati Sarnita memproyeksikan konsumsi baja nasional akan mengalami pertumbuhan hingga 6 persen menjadi 17,3 juta ton pada tahun ini.

Baca juga : Tiktok Shop Dilarang, Pakar: Ada Ancaman Predatory Pricing Bersenjata Algoritma

Melati mengungkapkan, pada tahun lalu, IISIA memproyek­sikan konsumsi baja nasional sebesar 16,3 juta ton. Dari data tersebut, konsumsi baja pada 2023 akan mengalami kenaikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian pulih.

“Pada 2023 akan kembali mengalami pertumbuhan sebe­sar 6 persen atau menjadi 17,3 juta ton seiring dengan pertum­buhan ekonomi Indonesia,” katanya.

Baca juga : Pangeran Siahaan: Ganjar Soroti Timpangnya Dunia Kerja, Tak Rendahkan Profesi

Melati menilai, berbagai fak­tor diperkirakan akan mem­pengaruhi pertumbuhan kon­sumsi baja. Selain itu, gencarnya pembangunan IKN, proyek kendaraan listrik serta kebi­jakan Pemerintah mengenai pro­gram Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), juga pengenaan Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) terhadap baja impor, juga berdampak pada naiknya konsumsi baja dalam negeri.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 30/9/2023 dengan judul Ogah Dibanjiri Barang Impor, Wapres Gencarkan Produksi Baja Lokal

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.