Dark/Light Mode

Resmikan Kereta Cepat Whoosh, Jokowi: Jangan Takut Belajar Dan Mencoba Hal Baru

Senin, 2 Oktober 2023 11:02 WIB
Presiden Jokowi (tengah) saat meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung, diapit Ibu Negara Iriana (kanan) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri). Di belakangnya, tampak Wamen BUMN Kartiko Wirjoatmojo. (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (tengah) saat meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung, diapit Ibu Negara Iriana (kanan) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri). Di belakangnya, tampak Wamen BUMN Kartiko Wirjoatmojo. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyampaikan satu pesan penting, dalam peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim Jakarta Timur, Senin (2/10/2023). Jokowi bilang, kita tak boleh takut mencoba hal-hal baru.

"Kereta cepat ini merupakan hal baru bagi kita, MRT juga hal baru bagi kita, LRT juga hal baru bagi kita. Baru teknologinya, kecepatannya, dan konstruksinya. Baru juga model pembiayaannya. Semuanya serba baru. Kita tidak boleh takut belajar dan mencoba hal-hal baru," tegas Jokowi.

Baca juga : Kopi Di Gelas Masih Panas, Eh, Sudah Nyampe Bandung

Dalam proses mencoba hal-hal baru, lanjutnya, bisa muncul hal-hal yang tidak terduga. Kesulitan di lapangan, masalah-masalah, dan ketidaksempurnaan.

Jokowi bilang, pengalaman itu mahal, namun sangat berharga. Kita tidak perlu takut. Karena jika kita konsisten, kesalahan akan semakin sedikit. Biaya kesalahan juga akan semakin menurun. Hingga akhirnya, biaya produksi, biaya proyek lama kelamaan juga akan semakin rendah.

Baca juga : Ke Stasiun Kereta Cepat Halim Naik Motor, Asik Dan Praktis

"Karena itu saya pesan, kita semuanya tidak alergi kritik dan tetap semangat untuk belajar. Karena pengalaman kita membangun infrastruktur, baik jalan tol, pelabuhan, bandara, bendungan, dan transportasi telah memberikan pengalaman dan bekal kita untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan," tutur Jokowi.

"Keberanian kita mencoba hal-hal baru memberikan kepercayaan, kesempatan anak bangsa untuk belajar. Akan sangat berguna untuk masa depan, membuat SDM kita semakin maju dan bangsa kita semakin mandiri," pungkas Presiden ke-7 RI.

Baca juga : Ini Lokasi Halte Dan Jam Operasi Bus Transjakarta Menuju Stasiun Halim

KCJB yang merupakan kereta cepat pertama di Indonesia, dan juga pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan 350 km per jam, menandai transportasi massal yang ramah lingkungan. Serta terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, atau Transit Oriented Development (TOD).

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.