Dark/Light Mode

Jangan Belajar Di Kelas Saja

Muhadjir: Mahasiswa Kudu Konsisten Membela Rakyat

Selasa, 24 Oktober 2023 07:30 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA/HO-Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA/HO-Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mendorong mahasiswa konsisten menimba ilmu yang bermanfaat di masa kuliah. Tak hanya ilmu akademik, tapi juga ilmu yang didapat dari luar kelas.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan, maha­siswa memiliki peranan yang sangat penting dalam mengawasi pemerintahan.

“Organisasi mahasiswa bisa menjadi pressure group atau kelompok penekan,” ujar Mu­hadjir dalam keterangan pers, usai acara Latihan Keterampi­lan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL), di Universitas Brawijaya, Senin (23/10/2023).

Baca juga : Kapolda Metro Ke Patung Kuda, Temui Mahasiswa Yang Masih Demo Dan Sempat Ricuh

Acara tersebut digelar oleh Eksekutif Mahasiswa Universi­tas Brawijaya.

Dalam pemerintahan di suatu negara, lanjut Muhadjir, terdapat empat stratifikasi. Keempat­nya, yaitu Ruling Elite, Interest Group, Pressure Group dan Massa.

Dalam hal ini, dia menegas­kan, mahasiswa tidak memiliki kepentingan dalam urusan kekuasaan. Namun, berpihak dan membela kepentingan rakyat.

Baca juga : Di Tengah Serangan Israel, Orangtua Di Gaza Berjuang Jaga Kesehatan Mental Anak

“Jadi, kalau ditanya siapa orang yang paling membela rakyat tanpa kepentingan, itu mahasiswa,” cetusnya.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, sebagai kelompok penekan, kon­sekuensinya mahasiswa harus memiliki wawasan luas.

Mahasiswa harus memahami permasalahan yang dirasakan rakyat dan memahami isu-isu di pemerintahan. Terutama, isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan rakyat.

Baca juga : Bahaya Bos, Laut Bisa Tercemar Radioaktif!

“Kalian ini berada di dalam kelompok penekan yang harus memiliki pemahaman cukup lengkap pada keadaan dan terus meng-update perkembangan. Jangan melulu belajar di bangku kuliah,” imbaunya.

Karenanya, Muhadjir berkomitmen memberikan peluang kepada mahasiswa untuk terus berkarya, bersuara dan berkolaborasi dalam hal kepemimpinan, dan kepentingan rakyat sebagai kelompok penekan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.