Dark/Light Mode

Penggunaan LPG Mau Disubstitusi

Menteri ESDM Bakal Kerek Konsumsi Listrik

Sabtu, 4 November 2023 07:30 WIB
Menteri ESDM Arifin Tas­rif. (Foto: Antara)
Menteri ESDM Arifin Tas­rif. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah dipastikan akan tetap membagikan 500 ribu unit rice cooker gratis ke seluruh Indonesia.

Penyediaan rice cooker oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

Menteri ESDM Arifin Tas­rif membeberkan, program ini bagian dari upaya Pemerintah meningkatkan konsumsi listrik dan mensubstitusi LPG.

Baca juga : Hasil Uji dari UI, AC LG Terbukti Rendah Konsumsi Listrik Harian

“Kita perlu meningkatkan per­mintaan listrik sekaligus meng­ganti LPG. Pemerintah sedang melakukan program substitusi LPG yang digantikan dengan pengadaan Alat Masak Listrik (AML) dan jaringan gas bumi untuk rumah tangga (jargas),” kata Arifin di kantornya, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Namun, kata Arifin, proyek jargas membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa efektif berjalan, sehingga pemerintah memilih menjalankan program pembagian AML berupa rice cooker gratis.

Eks Dubes Indonesia untuk Jepang ini berharap, adanya program pembagian AML dapat memberi dampak positif bagi sektor industri dalam negeri.

Baca juga : Wakil Ketua KPK Lolos Sanksi Etik

“AML ini juga akan menum­buhkan industri dalam negeri untuk bikin kompor listrik,” tuturnya.

Terkait perusahaan penyedia AML ini, Arifin belum mau menyebut nama.

“Ya dibuka saja. Nanti ditenderkan, asal kualitasnya tidak di bawah spesifikasi,” ucap Arifin.

Baca juga : Tekan Polusi Udara, Kemenperin Minta Ini Ke Industri

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono menjelas­kan, proses pembagian rice cooker mengalami banyak tantangan. Pemberian rice cooker gratis terancam baru akan dimu­lai pada Desember 2023.

Sebelumnya, Pemerintah berencana mulai membagikan perangkat masak itu bulan ini.

Agus mengatakan, proses pengadaan rice cooker masih berlangsung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.