Dark/Light Mode

Penggunaan LPG Mau Disubstitusi

Menteri ESDM Bakal Kerek Konsumsi Listrik

Sabtu, 4 November 2023 07:30 WIB
Menteri ESDM Arifin Tas­rif. (Foto: Antara)
Menteri ESDM Arifin Tas­rif. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Menurutnya, tender dilakukan terbuka untuk semua pabrikan melalui e-katalog dan diseleksi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Kalau belum kontrak bagaimana menyalurkannya? Ma­sih mungkin (dibagikan No­vember 2023), tapi tergantung ketersediaan stoknya. Jadi, prosesnya masuk e-katalog itu yang seleksi LKPP, apakah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), purna jual, dan sebagainya. Nggak ada tendensi ke merek tertentu,” tegas Agus.

Executive Director Institute for Essential Service Reform (IESR) Fabby Tumiwa menilai, rencana pembagian rice cooker efektif mengurangi energi kotor.

Sebab, masih banyak beberapa masyarakat daerah memasak nasi menggunakan kayu bakar atau menggunakan kompor gas LPG, sehingga menghasil­kan emisi karbon yang cukup banyak.

Baca juga : Hasil Uji dari UI, AC LG Terbukti Rendah Konsumsi Listrik Harian

Namun, efektivitas penggu­naan rice cooker untuk mengurangi energi kotor tergantung pada tiga hal.

Pertama, seberapa lama ma­syarakat menggunakan rice cooker. Sebab, semakin lama penggunaannya, konsumsi listrik yang dihasilkan juga akan lebih banyak.

Kedua, aktivitas memasak, apakah penggunanya hanya memasak nasi atau memasak makanan lainnya.

Jika masyarakat bisa mema­sak apapun menggunakan rice cooker maka bisa mensubstitusi atau menggantikan penggunaan LPG.

Baca juga : Wakil Ketua KPK Lolos Sanksi Etik

Ketiga, memperhatikan jang­kauan pembagian rice cooker gratis tersebut.

“Semakin luas orang yang memakai rice cooker itu akan lebih efektif. Dibagikan kan belum tentu dipakai. Jadi, jang­kauannya juga diperhatikan,” kata Fabby.

Selain itu, Fabby juga meminta Pemerintah memberikan bantuan sosial kepada masyara­kat.

“Jadi bukan hanya membagi­kan rice cooker gratis saja, tapi membagikan bantuan sosial (bansos) juga seperti beras. Karena yang mahal sekarang itu beras,” ingatnya.

Baca juga : Tekan Polusi Udara, Kemenperin Minta Ini Ke Industri

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 4/11/2023 dengan judul Penggunaan LPG Mau Disubstitusi, Menteri ESDM Bakal Kerek Konsumsi Listrik

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.