Dark/Light Mode

Kirim 51,5 Ton Bantuan, Tetap Dukung Kemerdekaan, Hari Ini Jutaan Orang Kumpul Di Monas

Indonesia Bersama Palestina

Minggu, 5 November 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi meninjau bantuan untuk Palestina, didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka/RM.id)
Presiden Jokowi meninjau bantuan untuk Palestina, didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sikap Indonesia terhadap Palestina tidak berubah sedikitpun. Indonesia akan terus bersama Palestina, sampai kapanpun.

Berbagai cara agar Palestina merdeka telah disuarakan Indonesia di forum-forum internasional. Saat warga Palestina butuh pertolongan karena terus digempur Israel, pemerintah langsung mengirimkan bantuan makanan dan kesehatan seberat 51,5 ton. Hari ini, jutaan rakyat Indonesia akan kumpul di Monas menyuarakan dukungan untuk Palestina sekaligus mengutuk keras tindakan zionis Israel.

Penyerahan bantuan kemanusiaan untuk Pelestina itu, dilepas Presiden Jokowi, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023) pagi.

Baca juga : Terima IKN, Bamsoet Dorong Pengembangan Pasar Kripto di Indonesia

Turut mendampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury. Hadir juga Dubes Palestina untuk RI Zuhair Al-Shun.

Jokowi bersama para menterinya tiba di Lanud Halim Perdanakusuma sekitar pukul 08.43 WIB. Eks Wali Kota Solo itu mengenakan setelan khasnya kemeja putih lengan putih panjang. Jokowi langsung menyapa Dubes Palestina Zuhair.

“Alhamdulillah, pada pagi hari ini, bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish, Mesir, kemudian akan diteruskan dan dilanjutkan ke Gaza,” kata Jokowi.

Baca juga : Kadin dan PANDI Dukung Domain .id Jadi Identitas Digital Indonesia

Jokowi melanjutkan, bantuan yang dikirim hari ini merupakan bantuan tahap pertama dan dibawa dengan menggunakan tiga pesawat. Dua di antaranya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dengan tail number A-1327 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan Hercules A-1328 yang sehari-hari dioperasionalkan oleh Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Pesawat-pesawat yang dikerahkan oleh Pemerintah itu, akan membawa puluhan ton bantuan kemanusiaan menuju Bandara El Arish, Mesir, yang lokasinya paling dekat dengan Gaza.

Dari bandara tersebut, bantuan kemudian akan diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk selanjutnya disalurkan ke Gaza melalui dua badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza, yaitu badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Baca juga : Metranet Telkom Dukung Percepatan Transformasi Digital Industri Pangan

“Pengiriman hari ini berisi 51,5 ton bantuan yang berupa bahan makanan; alat medis; selimut; tenda dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza,” sambung Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.