Dark/Light Mode

Jadi Fenomena Gunung Es

Kasus Kekerasan Anak Butuh Solusi Konkret!

Rabu, 15 November 2023 07:30 WIB
Menteri Pendidikan, Ke­budayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Ma­karim. (Foto: Antara)
Menteri Pendidikan, Ke­budayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Ma­karim. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus kekerasan anak di berbagai daerah jumlahnya sangat banyak dan berulang. Kasus tersebut sudah seperti fenomena gunung es.

Menteri Pendidikan, Ke­budayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Ma­karim menyatakan, kekerasan pada anak sudah menjadi ma­salah besar.

Upaya dalam mencegah tindak kekerasan terutama di sekolah telah dibuat Permendikbud No­mor 46 Tahun 2023.

Baca juga : Andika Perkasa Emban Tugas Analisa Dan Strategi Menangkan Ganjar-Mahfud

Regulasi itu berisi tentang Pencegahan Penanganan Pe­rundungan serta Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP).

Kasus kekerasan anak yang tercatat jumlahnya bisa jadi tidak ada separuhnya jika dibanding­kan dengan yang tidak terlapor­kan di tengah masyarakat. Baik di sekolah maupun lingkungan lainnya.

Inspektur Jenderal Kemen­dikbudristek Chatarina Muliana mengatakan, guru dan orang tua atau siapapun yang menjaga anak di rumah memiliki peran penting untuk ikut mencegah kekerasan.

Baca juga : Kejati DKI Terima SPDP Kasus Dugaan Pemerasan SYL, Belum Ada Tersangka

Saat ini, partisipasi mereka yang melindungi anak dalam memberi edukasi untuk dalam hal kekerasan ini masih belum optimal. Kanal pengaduan untuk korban juga bagi sebagian orang masih asing.

Rendahnya pemahaman dan keterlibatan dari para stakeholders kunci menjadi tantangan yang dihadapi dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan anak.

“Dalam konteks ini, perlu peningkatan pemahaman dan partisipasi aktif dari berbagai pihak. Termasuk guru, orang tua dan masyarakat secara umum,” ujar Chatarina dalam Forum Merdeka Barat9 (FMB9) yang bertema ‘Negara Hadir Atasi Darurat Kekerasan Anak’, di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca juga : Polda Metro Beberkan Kronologis Kasus Dugaan Pemerasan Perkara Korupsi Kementan

Dalam beberapa kasus, Cha­tarina menemukan banyak ke­kerasan kepada anak yang men­jadi viral di media sosial.

Karena itu, dibutuhkan lang­kah-langkah khusus sebagai solusi konkret. Terutama dalam mengatasi hambatan yang sering terjadi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.