Dark/Light Mode

Jadi Fenomena Gunung Es

Kasus Kekerasan Anak Butuh Solusi Konkret!

Rabu, 15 November 2023 07:30 WIB
Menteri Pendidikan, Ke­budayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Ma­karim. (Foto: Antara)
Menteri Pendidikan, Ke­budayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Ma­karim. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Yang dilakukan Kemendik­budristek, antara lain kampanye edukasi yang lebih intensif. Tidak hanya kalangan pendidik dan orang tua, tetapi juga ma­syarakat luas.

Dengan pengetahuan yang lebih baik, diharapkan masyara­kat dapat lebih proaktif dalam mencegah kekerasan anak. Serta, melaporkan setiap kasus yang ditemukan, yakni melalui call center SAPA 129 atau meng­hubungi 08111129129.

Baca juga : Andika Perkasa Emban Tugas Analisa Dan Strategi Menangkan Ganjar-Mahfud

Menurut Chatarina, guru se­bagai agen utama dalam mem­bentuk karakter anak-anak me­megang peran besar. Karena itu, pelatihan yang berkualitas tinggi perlu diberikan kepada para pendidik.

Menurutnya, yang terpenting adalah peran dari orang tua yang harus terus didorong untuk terlibat secara aktif dalam pe­mantauan keamanan anak-anak dan melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan.

Baca juga : Kejati DKI Terima SPDP Kasus Dugaan Pemerasan SYL, Belum Ada Tersangka

Sebelumnya, melalui Per­aturan Menteri Pendidikan, Ke­budayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbud) Nomor 46 Ta­hun 2023 tentang Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Sekolah pada Agustus 2023, Pemerintah telah mendiri­kan satuan tugas (satgas) di daerah.

Langkah ini diikuti dengan pembentukan tim di setiap seko­lah, yang dibantu dengan berbagai bimbingan teknis (bimtek) untuk pelaksanaan yang lebih efektif.

Baca juga : Polda Metro Beberkan Kronologis Kasus Dugaan Pemerasan Perkara Korupsi Kementan

Chatarina mengatakan, saat ini telah terbentuk tim satgas di 27 persen sekolah di seluruh Indo­nesia. Hanya saja, dia mengakui bahwa masih ada tantangan agar program ini dapat berjalan maksimal.

Terutama, pandangan atau stereotip di berbagai daerah bahwa kekerasan anak meru­pakan hal wajar bagian dari pendidikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.