Dark/Light Mode

Pentingnya Keterlibatan Semua Lapisan Masyarakat

Papua Paru-paru Dunia Hutannya Wajib Dijaga

Minggu, 19 November 2023 07:30 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya. (Foto: Dok. KLHK)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya. (Foto: Dok. KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hutan di Indonesia memiliki peran penting bagi dunia. Terutama Papua, yang dianggap sebagai salah satu paru-paru dunia.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nur­baya mengatakan, upaya me­lindungi hutan terus dilakukan dengan berbagai cara. Namun, langkah melindungi hutan tidak cukup dilakukan Pemerintah saja. Dibutuhkan juga keterli­batan aktif masyarakat.

Baca juga : Petrokimia Gresik Komit Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Sekitar Perusahaan

“Partisipasi aktif masyarakat dan pemangku kepentingan memiliki peran dalam menangani kebakaran hutan dan lahan,” ujar Siti dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Sabtu (18/11/2023).

Apalagi hutan di Indonesia, lanjut Siti, terutama Papua di­anggap sebagai paru-paru dunia. Dari pengalamannya berdialog dengan berbagai negara membahas kebakaran hutan dan lahan, ditemukan poin penting. Salah satunya saat berdiskusi dengan Menteri Kehutanan Kanada.

Baca juga : Kebebasan Beragama Harus Terus Dilindungi

“Saya pernah bertanya ke Menteri Kanada kenapa bisa kebakaran begitu banyak, kata dia itu wildfire. Jadi, modelnya bukan partisipatif. Nah, Indo­nesia punya kekuatan, yaitu ada partisipasi,” kata dia.

Kementerian LHK mengimbau warga sekitar hutan, khususnya di Papua menjaga lingkungan dan hutan.

Baca juga : Netanyahu: Gencatan Senjata Sama Saja Menyerah Pada Teroris, Ini Waktunya Perang

Hutan Papua di Indonesia bersama dengan Hutan Amazon di Brazil serta hutan di Kongo merupakan paru-paru dunia.

Kenapa demikian? Soalnya, oksigen terbesar didapat dari hutan yang masih banyak pohon. Ketiga lokasi tersebut memiliki banyak pohon besar, sehingga banyak oksigen yang dihasilkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.