Dark/Light Mode

Indonesia Mau Jadi Negara Maju

Menkominfo Genjot Kecepatan Internet

Rabu, 22 November 2023 07:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) dan Presiden Komisaris Bersama Digital Data Centres (BDDC) Setyanto Hantoro dalam acara Topping Off Data Center Bersama Digital Data Center (BDDC) di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (21/11/2023). (ANTARA/Fathur Rochman)
Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) dan Presiden Komisaris Bersama Digital Data Centres (BDDC) Setyanto Hantoro dalam acara Topping Off Data Center Bersama Digital Data Center (BDDC) di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (21/11/2023). (ANTARA/Fathur Rochman)

 Sebelumnya 
Budi Arie berharap agar ke­cepatan internet yang tinggi dapat memicu perkembangan banyak sektor, seperti e-com­merce dan memastikan pertum­buhan merata di seluruh negeri.

Selain itu, Budi Arie juga me­nyoroti pentingnya infrastruktur digital yang merata di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah pelosok.

“Kita tidak mau pembangunan dan kemajuan Indonesia ini me­ninggalkan saudara-saudara kita yang lain. Terutama saudara kita di Indonesia Timur yang yang masih jauh sekali pemanfaatan akses internet,” jelasnya.

Baca juga : Kejahatan Israel Makin Nyata

Menurutnya, secara umum ada tiga faktor dalam mendukung industri telekomunikasi, yakni cakupan, kapasitas dan kualitas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggaet konsultan McKinsey & Company untuk merumuskan peta jalan transformasi digital Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Salah satu target yang ingin di­capai oleh Kominfo dalam trans­formasi digital, yakni penun­tasan pembangunan Pusat Data Nasional.

Baca juga : Syarat Indonesia Jadi Negara Maju, Menkes: Masyarakatnya Harus Sehat

Pemanfaatan dan peran pusat data dalam kota kini telah men­jadi prioritas utama pada banyak industri. Khususnya pada peru­sahaan global dan lokal berbasis penyedia layanan cloud, peru­sahaan teknologi dan berbagai industri lainnya yang masuk ke dunia digital.

Seperti industri finansial, bank, perusahaan asuransi, minyak dan gas, logistik, manu­facturing dan lainnya.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indone­sia (APJII) Muhammad Arif menambahkan, 78,19 persen dari total penduduk Indonesia sudah menggunakan internet.

Baca juga : Mahfud Minta PBB Keluarkan Resolusi Hentikan Perang

“Saya pikir Indonesia punya pekerjaan rumah 20 persen lagi memeratakan internet,” katanya.

Menurut Arif, pengadaan pusat data perlu ditingkatkan. Sementara, konsumsi data center Indonesia hanya 0,66 watt per kapita. Sedangkan kapasitas di Singapura 100 kali lebih be­sar.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 22/11/2023 dengan judul Indonesia Mau Jadi Negara Maju, Menkominfo Genjot Kecepatan Internet

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.