Dark/Light Mode

Geber 16 Proyek Sampe Akhir Tahun

Pak Basuki Tetap Kerja, Tak Terganggu Pemilu

Minggu, 26 November 2023 08:10 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (ANTARA/HO - Kementerian PUPR)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (ANTARA/HO - Kementerian PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono seperti tak terpengaruh dengan hiruk pikuk Pilpres 2024. Di tengah riuh rendah Pilpres, Menteri Basuki tetap kerja menggeber 16 proyek sampai akhir tahun.

Kementerian PUPR memang menargetkan 16 proyek strategis nasional atau PSN selesai pada akhir tahun ini. Beberapa proyek yang ditargetkan selesai tersebut terdiri atas tiga bidang yaitu bendungan, jalan tol, dan perumahan.

Baca juga : TKN Prabowo-Gibran Yakin, Bawaslu Bakal Tindak Lanjuti Semua Kecurangan Pemilu

“Pada akhir tahun 2023, sebanyak 16 PSN ditargetkan sudah selesai. Setelah selesai 16 PSN, kami akan langsung melanjutkan penyelesaian 9 PSN pada semester I-2024,” kata Menteri Basuki, dikutip dari akun media sosial Instagram Kementerian PUPR, Sabtu (25/11/2023).

Selanjutnya, 15 PSN ditargetkan selesai pada semester II 2024. Kemudian, sisa 42 PSN ditargetkan beres setelah 2024.

Baca juga : Prabowo Akan Perketat Pengawasan Tenaga Kerja Asing di Indonesia

PSN bendungan yang digeber beres tahun ini antara lain Bendungan Lolak di Sulawesi Utara, Bendungan Karian di Banten, dan Bendungan Margatiga di Lampung. Kemudian, Bendungan Cipanas di Jawa Barat, Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan, Bendungan Temef di NTT dan Bendungan Tiu Suntuk di NTB.

Selanjutnya, Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Bendungan Ameroro di Sulawesi Tenggara, dan DI Baliase di Sulawesi Selatan. Adapun PSN berupa jalan tol yaitu Tol Kisaran-TebingTinggi, Tol Serpong-Cinere, Tol Cinere-Jagorawi, dan Tol Cimanggis-Cibitung.

Baca juga : Ketemu Menteri Piyush Goyal, Airlangga Bahas Kerja Sama Perdagangan RI-India

PSN lainnya adalah pembangunan perumahan, yakni Rumah Susun (Rusun) Lanud Halim Perdana Kusuma, dan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pendukung ASEAN Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo, NTT.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengapresiasi. Menurut dia? seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PSN di Indonesia selama 8 tahun ini, terutama Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan jumlah PSN terbanyak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.