Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Proyek Galian

Kemacetan Di DKI Semakin Menggila

Kamis, 3 Agustus 2023 07:30 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta. (Foto: Antara)
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak proyek konstruksi di jalan yang akan dikerjakan tahun ini. Salah satunya, proyek Jakarta Sewerage System (JSS). Pembangunan tersebut berpotensi menyebabkan kemacetan di Ibu Kota makin parah.

Oleh sebab itu, Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) mewanti-wanti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk meningkatkan sinergi dalam mengerjakan proyek konstruksi. Termasuk dengan swasta.

Baca juga : Setan Merah Belum Bangkit

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta August Hamonangan menuturkan, saat ini banyak pekerjaan galian yang tengah dikerjakan bersamaan. Terlebih, jalan di Jakarta sudah dipenuhi berbagai infrastruktur ataupun jaringan utilitas, baik milik Pe­merintah maupun milik swasta.

Oleh sebab itu, menurut Au­gust, koordinasi dibutuhkan agar pengerjaan proyek pembangunan bisa dikerjakan secara efektif.

Baca juga : Bangun Proyek Rel Kereta Rp 407 Triliun, Israel Ambil Hati Saudi

“Pekerjaan utilitas jangan sam­pai tidak tumpang tindih. Jangan sampai masyarakat merasakan kemacetan parah,” kata politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (1/8).

Hal senada dilontarkan ang­gota Komisi D DPRD DKI lain­nya, Pantas Nainggolan. Menurut Pantas, proyek JSS akan bersing­gungan dengan fasilitas publik yang dibangun dinas-dinas lain. Misalnya pedestrian dan got. Karena itu, perlu sinergi dengan dinas lain agar pembangunannya berjalan efisien.

Baca juga : Ganjar Milenial Dukung Pelatihan Pembuatan Ubi Cokelat Di Serdang Bedagai

Pantas mengungkapkan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PAM Jaya sudah punya trase untuk mengganti semua pipa mereka yang ada di Jakarta. Disarankannya, proyek JSS diintegrasikan dengan PAM Jaya.

“Sehingga dua pekerjaan bisa selesai dalam satu waktu bersa­maan jadi tidak menimbulkan dampak kemacetan yang berlarut-larut,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.