Dark/Light Mode

Sah Jadi Anggota Dewan International Maritime Organization

Pemerintah Lanjutkan Bangun Sektor Maritim

Minggu, 3 Desember 2023 07:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berhasil terpilih kembali menjadi Anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C Periode 2024-2025.

Hasil itu diumumkan dalam sidang Majelis IMO di London, Inggris pada Jumat (1/12/2023). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, hasil ini menunjukan pengakuan dunia atas eksistensi Indonesia di sektor maritim Internasional.

“Atas hasil tersebut akan memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan IMO yang sangat berpengaruh pada dunia kemari­timan,” ujar BKS, sapaan akrab Budi Karya dalam keterangan resminya, Sabtu (2/12/2023).

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Ajak Santri Di Karanganyar Bermain Fun Football

Ia mengapresiasi seluruh delegasi Indonesia yang terlibat, terutama atas upaya dan pendekatan diplomatis yang telah dilakukan, untuk menyukseskan pencalonan Indonesia menjadi anggota dewan IMO.

“Mari manfaatkan momentum ini untuk melanjutkan pembangunan di sektor maritim agar memberikan manfaat bagi masyarakat,” tegasnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi melaporkan hasil sidang tersebut dari Kantor Pusat IMO di London. Menurutnya, sebanyak 135 negara atau 80 persen dari total 175 negara, memberikan suaranya untuk Indonesia dalam pemilihan anggota Dewan IMO Kategori C melalui sistem voting atau pemungutan suara.

Baca juga : Peran Negara Krusial Pastikan Pemerataan Distribusi Bahan Bakar Pesawat

“Ada 20 negara berhasil terpilih, termasuk Indonesia, dari total 24 negara yang mencalonkan menjadi anggota Dewan International Maritime Organi­zation Kategori C,” ungkapnya.

Setelah menjadi Anggota De­wan IMO, kata Antoni, Indonesia proaktif akan terus berkontri­busi penting dalam keanggotaan IMO. Hal ini sesuai motto PROMISE, kependekan dari Pro­fesionalism, Moving Forward, Initiatives dan Efficient.

Ketua Umum DPP Indonesian National Shipowners Associa­tion (INSA), Carmelita Hartoto mengatakan, keberhasilan Indo­nesia mempertahankan sebagai negara Anggota Dewan IMO Kategori C perlu disyukuri. Hal ini menunjukkan eksistensi Indonesia di kemaritiman inter­nasional.

Baca juga : McDonalds Indonesia Komit Ringankan Penderitaan Rakyat Palestina

“Ini merupakan kesempatan Indonesia ikut serta dalam me­nentukan kebijakan kemaritiman dunia,” ujarnya.

Misalnya, kepentingan khu­sus dalam transportasi laut dan maritim serta mewakili semua wilayah geografis utama du­nia. “Ini momentum untuk kita membawa isu-isu kemaritiman ke dunia internasional,” tutur Carmelita.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.