Dark/Light Mode

Sah Jadi Anggota Dewan International Maritime Organization

Pemerintah Lanjutkan Bangun Sektor Maritim

Minggu, 3 Desember 2023 07:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: BKIP Kemenhub)

 Sebelumnya 
Dia menjelaskan, Indonesia sangat berkepentingan dalam menjaga keamanan dan perairan keselamatan. Mengingat, Indo­nesia adalah negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia.

Sekadar informasi, Dewan IMO kategori C merupakan perwakilan dari negara-negara yang mempunyai kepentingan khusus dalam angkutan laut dan mencerminkan pembagian perwakilan yang adil secara geografis.

Pada kategori ini, ada 20 negara yang terpilih, yaitu Singapura, Malta, Saudi Arabia, Turki, Mesir, Mexico, Filipina, Chili, dan Indonesia.

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Ajak Santri Di Karanganyar Bermain Fun Football

Lalu, Malaysia, Bahamas, Siprus, Maroko, Denmark, Qa­tar, Bangladesh, Kenya, Peru, Finlandia, dan Jamaika

Sedangkan empat negara lain tidak masuk dalam keanggotaan dewan IMO kategori C, yaitu Thailand, Belgia, Afrika Selatan, dan Polandia.

Lalu, untuk anggota Dewan IMO kategori A dan B, juga diumumkan. Kategori A terdiri dari 10 negara yang mewakili armada pelayaran niaga inter­nasional terbesar dan sebagai penyedia angkutan laut interna­sional terbesar.

Baca juga : Peran Negara Krusial Pastikan Pemerataan Distribusi Bahan Bakar Pesawat

Adapun negara yang terpilih adalah Yunani, Italia, Jepang, China, Panama, Norwegia, Re­public of Korea, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Liberia.

Sementara kategori B, ter­diri dari 10 negara anggota yang memiliki perdagangan, barang-barangnya diangkut melalui laut dalam jumlah sangat besar (international ship-borne trade).

Adapun negara yang terpilih, yaitu India, Uni Emirat Arab, Brazil, Spanyol, Australia, Kanada, Prancis, Belanda, Jer­man, dan Swedia.

Baca juga : McDonalds Indonesia Komit Ringankan Penderitaan Rakyat Palestina

Delegasi Indonesia pada Si­dang IMO Assembly ke-33 dipimpin oleh Menhub Budi Karya dengan Alternate HoD Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Inggris, Irlandia, dan Interna­tional Maritime Organization, Desra Percaya.

Selain itu, Indonesia melalui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga berhasil kembali (Re-Appointed) menjadi Exter­nal Auditor IMO periode 2024-2027.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 3/12/2023 dengan judul Sah Jadi Anggota Dewan International Maritime Organization, Pemerintah Lanjutkan Bangun Sektor Maritim

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.