Dark/Light Mode

Disampaikan Menkominfo

Kaum Perempuan Wajib Dapatkan Literasi Digital

Kamis, 14 Desember 2023 07:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Humas Kemenkominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Foto: Humas Kemenkominfo)

 Sebelumnya 
Pendiri Relawan Projo ini me­ngatakan, Kementerian Kominfo mendukung penuh kegiatan yang bertujuan meningkatkan kecaka­pan literasi digital seluruh masyarakat, termasuk perempuan dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD).

“Digitalisasi ini membentuk masyarakat digital. Masyarakat digital itu perlu literasi, terma­suk perempuan, sehingga kegiat­an yang mendorong perempuan melek digital, makin cakap digi­tal menjadi penting,” kata dia.

Budi Arie juga memastikan, Kementerian Kominfo konsisten mendukung upaya peningkatan kecakapan literasi digital seluruh masyarakat.

Menurut dia, khusus perem­puan, salah satu program yang dapat dimanfaatkan yakni pro­gram Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), yang dirancang demi meningkatkan literasi digi­tal masyarakat Indonesia.

Baca juga : Gandeng OJK, BNI Perkuat Literasi Keuangan

Melalui program ini, Kemen­terian Kominfo bersama para mitra komunitas masyarakat memberikan pelatihan kecaka­pan digital mengenai kecakapan digital, etika digital, budaya digital dan keamanan digital.

Beberapa modul dalam pro­gram GNLD membahas lang­kah-langkah literasi digital. Mu­lai dari edukasi bagi keluarga, anak, dan cara mengenali hoaks dan menghadapi kekerasan ber­basis gender daring.

“Salah satu kelas yang dise­barkan GNLD mendukung perempuan berwirausaha di ruang digital,” tuturnya.

Selain terkait literasi digital, Budi Arie juga mengingatkan agar masyarakat tidak membuat dan menyebarkan konten-konten hoaks, fitnah, ujaran kebencian dan merendahkan martabat orang lain, terlebih pada masa jelang Pemilu 2024 saat ini.

Baca juga : Indonesia Berpeluang Jadi Pemain Utama Baterai Dunia

Kementerian Kominfo, imbuh dia, melakukan patroli siber demi mendukung terwujudnya pemiludamai 2024.

“Kalau memenuhi kriteria ini hoaks, fitnah, ujaran kebencian, merendahkan martabat orang lain, pasti kami take down. Kan kita mau politik dan demokrasi lebih berkualitas,” imbuhnya.

Usai sambutan Menkominfo, acara Literasi Digital Bagi Perempuan dilanjutkan dengan berbagai dialog. Salah satu pembicara yang kompeten di bidangnya adalah Yosi, yang mengulas cara tentang menge­nali dan menyikapi hoaks.

Jelang penutupan, acara diisi gelaran musik dari grup musik Project Pop.

Baca juga : Keluarga Fondasi Awal Budaya Literasi di Era Digital

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 14/12/2023 dengan judul Disampaikan Menkominfo, Kaum Perempuan Wajib Dapatkan Literasi Digital

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.