Dark/Light Mode

Gelar Sosialisasi Pancasila, BPIP Ajak Wujudkan Pemilu Damai

Jumat, 15 Desember 2023 17:13 WIB
Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menyampaikan, pentingnya memperkuat jiwa Pancasila, profesional, dalam menyambut Pemilu 2024. Hal tersebut untuk meminimalisir konflik di lapangan.

"Sehingga kita bisa menyelenggarakan Pemilu dengan bahagia, damai, aman, dan semoga nantinya berjalan dengan sukses terlaksana," kata Yudian, saat menyampaikan sosialisasi bertajuk “Menyongsong Pemilu Damai, Demokratis dan Berintegritas Berdasarkan Pancasila”, di IAIN Sultan Amai Gorontalo, Rabu (13/12). Sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila ini kerja sama BPIP dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Melanjutkan pidatonya, Yudian juga mengajak mahasiswa untuk senantiasa menjaga kedamaian dan kerukunan dan persatuan. Hal itu tercermin dalam sila ketiga Pancasila, khususnya dalam momen Pemilu 2024.

Baca juga : Bamsoet Ajak Masyarakat Tidak Golput di Pemilu 2024

“Karena hanya dengan bersatu bangsa kita akan dapat terus maju membangun peradaban bangsa yang lebih baik," tegasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Prakoso mengatakan melalui sosialisasi ini, BPIP ingin menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan di Provinsi Gorontalo. Prakoso menyampaikan, bangsa Indonesia sudah memilih negara bentuk negara republik, yang artinya kekuasaan ada di tangan rakyat. 

"Maka saatnya, rakyat menentukan pilihannya, untuk memilih calon wakil rakyatnya ditingkat provinsi, kabupaten/kota, seperti bupati, walikota, gubernur serta presiden dan wakil presiden,” jelasnya.

Baca juga : Ketua KPI Ajak IKAJI Usung Narasi Pemilu Damai

Ia juga menjelaskan, para wakil rakyat inilah yang  akan memimpin Indonesia yaitu merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Sebab menurutnya nilai-nilai ini harus yang harus disampaikan oleh BPIP kepada masyarakat termasuk masyarakat Gorontalo.

“Sehingga nantinya bisa tetap bersatu, damai, demokratis dan tetap bersinergi dalam memilih calon wakil kita yang nantinya akan membawa Indonesia maju kedepan. Serta semoga perdamaian dan persatuan kita tetap utuh, antara satu dengan yang lainnya," ucapnya.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Deputi Bidang Hubungan antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan  Prakoso, dan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnain Suleman. Ada juga Ketua KPU Provinsi Fadliyanto Koem, Ketua Komisi IV DPRD serta unsur Forkopimda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.