Dark/Light Mode

Implementasikan Kerja Sama Dengan Inggris

Kepala BNPT: Saling Menguntungkan Bagi Kedua Negara

Senin, 18 Desember 2023 22:13 WIB
Foto: Humas BNPT
Foto: Humas BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengimplementasikan kerja sama penanggulangan terorisme dengan Inggris melalui beragam kegiatan.

Salah satunya, pertemuan ke-2 Joint Working Group on Counter Terrorism (JWG on CT) di London-Inggris.

Dalam kegiatan ini, Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel yakin, kerja sama yang dibangun akan saling menguntungkan bagi kedua negara.

Indonesia berkomitmen untuk melanjutkan implementasi kerja sama penanggulangan terorisme dengan Inggris.

Baca juga : Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama dengan Saling Jaga dan Hargai

“Ini akan membawa dampak saling menguntungkan bagi kedua negara melalui pertukaran pengalaman, intelijen dan peningkatan kapasitas dan optimis pada masa depan kerja sama dan berharap kerja sama ini akan memperkuat upaya melawan terorisme," tutur Rycko, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (18/12/2023).

Menurut Rycko, kerja sama kedua negara terus memperlihatkan progress yang baik sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) pada 2021.

“Kedua negara memiliki progres yang sangat baik sejak ditandatanganinya MoU Kerja Sama Penanggulangan Terorisme pada tahun 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keamanan Dalam Negeri Inggris, Tom Tugendhat mengapresiasi kinerja BNPT yang juga fokus memulihkan korban aksi terorisme, bersama Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Baca juga : Jokowi Dorong Proyek Kerja Sama Dengan Investor Jepang, Termasuk IKN

LPSK telah mengunjungi langsung korban bom bali yang bermukim di Inggris. BNPT dan LPSK, dinilainya telah memberikan perhatian pada korban aksi terorisme.

“LPSK telah mengunjungi korban bom bali yang ada di Inggris. Dalam kunjungan ini, LPSK dan Victim Terrorism Unit-Home Office juga berbagi informasi tentang pendekatan yang digunakan untuk mendukung korban serangan terorisme,” ucap Tom.

Kegiatan ditutup dengan High Level Meeting antara Kepala BNPT dan Menteri Keamanan Dalam Negeri Inggris.

Kedua negara menegaskan kembali, tekadnya untuk memperkuat kerja sama dalam bidang penanggulangan terorisme.

Baca juga : Sambut 2024, Visitrip Komit Tingkatkan Layanan Haji dan Umrah

Khususnya, key takeaways yang telah disepakati kedua negara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.