Dark/Light Mode

Untuk Keempat Kalinya, LAN Raih Predikat Badan Publik Informatif

Rabu, 20 Desember 2023 11:17 WIB
Foto: LAN
Foto: LAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali berhasil mempertahankan predikatnya sebagai Badan Publik dengan kualifikasi informatif untuk keempat kalinya berturut-turut sejak tahun 2020.

Predikat tersebut merupakan pencapaian tertinggi dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik bagi Badan Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat.

LAN dinilai oleh KI Pusat sebagai salah satu badan publik yang telah berkomitmen dalam menyelenggarakan keterbukaan informasi publik sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Penghargaan diterima Sekretaris Utama LAN Reni Suzana dari Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro dan disaksikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta Menteri Komunikasi dan Informatika Arie Budi Setiadi.

Penghargaan diserahkan pada Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik, di Kantor Sekretariat Wakil Presiden, Gambir, Selasa (19/12/2023).

Baca juga : OJK Raih Predikat Badan Publik Informatif Terbaik 2023

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf mengapresiasi Badan Publik yang telah memperoleh kualifikasi informatif, termasuk LAN.

Ia berharap, LAN mempertahankan prestasi tersebut serta mengembangkan kualitas pelayanan publik, terutama saat bangsa ini tengah menghadapi proses demokrasi menuju Pemilu.

Keterbukaan informasi menjadi sangat relevan dalam rangka mendorong partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil.

Ma’ruf menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik, yang merupakan unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan salah satu penentu keberhasilan program reformasi birokrasi.

Transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya adalah untuk kesejahteraan rakyat.

Baca juga : 2023, Kemenkumham Kembali Dinobatkan Sebagai Badan Publik Informatif

Terpisah, setelah menerima penghargaan, Sekretaris Utama LAN, Reni Suzana mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan sebuah wujud apresiasi atas komitmen LAN dalam mendorong optimalisasi badan publik untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik sesuai amanah UU 14/2008.

Reni menyadari, tantangan LAN sebagai badan publik informatif tidaklah mudah.

Meski begitu, LAN akan terus berupaya mewujudkan pengelolaan dan pelayanan informasi publik.

“Inovasi terbaru dari kami dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik serta transparansi kinerja lembaga, kami membuat Integrated Data Center (IDC) LAN. IDC LAN merupakan infrastruktur pusat data yang mengintegrasikan dan menyajikan data serta informasi dari berbagai sumber terkait kinerja serta operasional LAN melalui sebuah dashboard.” tambahnya.

Bagi LAN sendiri sebagai badan publik, keterbukaan informasi publik merupakan kewajiban dan menjadi tuntutan aktual atas dinamika pelayanan masyarakat.

Baca juga : Perpusnas Kembali Raih Predikat Opini Kualitas Tinggi dari Ombudsman

Untuk itu, LAN berkomitmen menyediakan sejumlah layanan informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dan stakeholders LAN.

Masyarakat dapat mengakses dengan mudah informasi publik di LAN, baik secara daring melalui website, media sosial, media massa elektronik dan aplikasi PPID Mobile. 

Juga melalui media massa cetak, atau secara luring dengan berkunjung langsung ke Kantor LAN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.