Dark/Light Mode

Tunjukkan Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur, Jokowi Makin Pede

Jumat, 18 Oktober 2019 11:19 WIB
Presiden Jokowi (kiri) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat meninjau Jalan Trans Papua KM 84 ruas jalan Merauke-Sota, Kabupaten Merauke. (Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi (kiri) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat meninjau Jalan Trans Papua KM 84 ruas jalan Merauke-Sota, Kabupaten Merauke. (Foto: Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang akhir masa tugasnya sebagai Presiden RI Periode 2014-2019, dan pelantikan kembali menjadi Presiden RI periode 2019-2024, Presiden Jokowi menunjukkan berbagai hasil pembangunan infrastruktur selama lima tahun pertama kepemimpinannya.

"Lima tahun pemerintahan periode ini berjalan adalah lima tahun dengan derap pembangunan infrastruktur di semua bidang: jalan, jalan tol, jembatan, pelabuhan, bendungan, bandar udara, sampai pos-pos lintas batas negara," tulis Jokowi dalam postingan Fan Page Facebook-nya, Jumat (18/10).

Baca juga : Jonan Waswas Penurunan Tanah Di Jakut Makin Masif

Dijelaskan, segenap infrastruktur itu tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Bersambung ke kawasan-kawasan produksi rakyat, industri kecil, Kawasan Ekonomi Khusus dan pariwisata. Juga terhubung ke kawasan persawahan, perkebunan, dan tambak-tambak perikanan.

"Dengan itulah, kita percaya diri untuk melangkah ke depan menyambut lima tahun berikutnya, dengan tetap melanjutkan pembangunan yang telah berjalan, seraya membangun sumber daya manusia sebagai fokus," tandas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca juga : Lewat Buku, Airlangga Ajak Bangun Industri Nasional

Pesan tersebut juga dilengkapi dengan video yang menyampaikan angka-angka riil keberhasilan pembangunan infrastruktur. Seperti 980 km jalan tol, 3.793 km jalan nasional,  2.778 km jalan perbatasan, 330 unit jembatan gantung, 7 PLBN, 18 trayek tol laut, 15 bandara baru, MRT dan LRT, 79 infrastruktur olahraga, dan 65 bendungan.

"Kita ingin merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan dan merasa bangga menjadi warga NKRI,” kata Jokowi dalam video berdurasi 1 menit, yang memuat tagline bertuliskan “Indonesia Maju” .

Baca juga : Gandeng Singapura, Menteri BKS Segera Permak Infrastruktur Bandara Komodo

“Hanya dengan jaringan listrik yang menjangkau seluruh Nusantara, pelabuhan dan bandara yang menghubungkan pulau-pulau, bendungan dan irigasi yang mengairi sawah-sawah, jalan dan jembatan sebagai jalur angkutan dan logistik, Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju. Tidak ada jalan lain,” tutup Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.