Dark/Light Mode

Penyelidikan Tetap Dilakukan

Pastikan Terowongan Cisumdawu Aman Dilalui, Menteri PUPR: Itu Bukan Retak

Senin, 1 Januari 2024 18:39 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), berbincang dengan pengurus Pokdarwis Widuri, Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Senin 1/1/2024. (Foto: ANTARA/Sumarwoto/aa).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), berbincang dengan pengurus Pokdarwis Widuri, Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Senin 1/1/2024. (Foto: ANTARA/Sumarwoto/aa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, terowongan Tol Cisumdawu yang dikabarkan mengalami keretakan akibat gempa M4,8 yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Minggu (31/12), masih aman untuk dilalui.

"Itu bukan retak. Itu kan membangunnya segmental. Segmen-segmen itu, jadi sambungan-sambungan," kata Menteri PUPR di Banyumas, Jawa Tengah, seperti dikutip ANTARA, Senin (1/1/2024) sore.

Karena ada gempa, imbuhnya, masyarakat melihat sambungan-sambungan pada terowongan tersebut. Jika tidak ada gempa, masyarakat mungkin tidak akan memerhatikan hal tersebut.

Baca juga : Penyelenggara Pastikan Tak Ada Intimidasi, Butet Diminta Hentikan Kegaduhan

Meski begitu, Menteri PUPR memastikan, pihaknya tidak akan lengah, dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Tapi aman dilalui, masih aman dilalui," kata Basuki.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, terowongan yang paling kritis berada di bagian portal atau mulutnya.

Baca juga : Wamenkumham Dipanggil KPK Hari Ini, Bakal Datang?

"Kita cek, itu bukan retak. Itu akumulasi debu-debu yang terbang, terkumpul di situ karena di joint (sambungan) tidak terlalu rata," jelas Hedy.

Saat ini, Kementerian PUPR tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut di Terowongan Cisumdawu dan lokasi-lokasi lain, mengetahui kemungkinan adanya retakan-retakan yang berbahaya.

"Nanti, kita laporkan kalau sudah ada hasilnya," kata Hedy.

Baca juga : Kampanye Colongan Mulai Mengerikan Nih

Sebelumnya, Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, gempa Sumedang telah menyebabkan terjadinya keretakan di terowongan ganda Tol Cisumdawu.

"Gempa bumi yang M4,8, ketiga menyebabkan adanya sedikit keretakan di dinding Terowongan Kembar Tol Cisumdawu. Pihak pengelola melakukan asesmen dan tindakan lainnya yang dianggap perlu. Untuk sementara, keretakan itu tidak mengganggu lalu lintas. Kondisi masih aman terkendali," papar Muhari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.