Dark/Light Mode

Jalin Komunikasi Efektif Dengan BPK, BNPT Optimis Raih Opini WTP

Jumat, 19 Januari 2024 16:26 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Inspektur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Catur Imam Pratignyo mengimbau jajaran BNPT untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan tim pemeriksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal ini untuk memastikan kelancaran tugas tim pemeriksa keuangan pada Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Tahun Anggaran 2023.

"Seluruh jajaran BNPT harus menjalin komunikasi yang efektif dengan tim pemeriksa BPK, membantu kelancaran tugas tim pemeriksa dengan cara menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan," kata Catur, saat menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan LKKL Tahun 2023 di Lingkungan AKN I di Auditorium BPK, Jakarta, seperti dikutip website BNPT, Jumat (19/1/2024).

Baca juga : 01 Dan 03 Jajaki Komunikasi, Pengamat: Supaya Tidak Disalip Kandidat Lain

Kepada masing-masing unit kerja di BNPT, Catur juga meminta penuntasan administrasi dan pertanggungjawaban keuangan sekaligus menindaklanjuti Wasrik Laporan Keuangan tahun sebelumnya.

"Hal lain yang juga penting adalah menuntaskan administrasi dan pertanggungjawaban keuangan masing-masing unit kerja, serta menindaklanjuti secara tuntas rekomendasi yang ada dari Wasrik Laporan Keuangan tahun sebelumnya," ingatnya.

Catur optimis, BNPT bakal mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian alias WTP di Laporan Keuangan Tahun 2023.

Baca juga : Ganjar: KTP Sakti Solusi Efektif Terima Bantuan Pemerintah

"Kalau langkah-langkah memberikan data dan informasi, administrasi dan pertanggungjawaban keuangan tersebut sudah kita lakukan, kita boleh optimis untuk tetap mendapatkan kualitas opini yang baik dari BPK RI," ungkap Catur.

Sementara Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana menjelaskan, salah satu tujuan pemeriksaan pengelolaan keuangan negara merupakan tugas negara yang diemban BPK, dalam rangka mewujudkan praktik good governance di kementrian/lembaga.

"Dalam mewujudkan praktik good good governance, pengelolaan keuangan negara harus berjalan dengan baik," katanya. 

Baca juga : Gobel Jempolin Kolaborasi Maestro Dengan Para Pelukis Difabel

Ia menerangkan, dalam pemeriksaan keuangan ini BPK menerapkan filosofi sapu lidi dengan empat tujuan tertentu yaitu kompak bergerak bersama tujuan negara, efektif efisien dan memiliki impact.

"Keempat tujuan tersebut memiliki 4 values yaitu ikatan, kesetaraan, bersih dan evaluasi," papar Nyoman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.