Dark/Light Mode

Budidaya Perdana Rumput Laut Di Bangkalan

Pj Bupati: Bisa Jadi Lahan Baru Masyarakat

Kamis, 25 Januari 2024 20:27 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie menghadiri acara penanaman perdana rumput laut di Desa Ko'ol, Kecamatan Klampis.

Penanaman rumput laut tersebut hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan dengan Jeeva Nusantara.

Arief berharap, penanaman rumput laut itu bisa menjadi lahan rezeki baru bagi masyarakat sekitar khususnya masyarakat Desa Ko'ol dan sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan Arief saat turun langsung ikut menanam rumput laut di pinggir laut Desa Ko'ol.

Baca juga : Mahfud Bakal Perjuangkan Petani Tembakau Sebagai Perlindungan Masyarakat Adat

"Diharapkan masyarakat punya lahan penghasilan baru sehingga bisa memutar roda perekonomian di Kabupaten Bangkalan," ujarnya, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (25/1/2024).

Setelah itu kata dia, keberadaan lahan rumput laut di Kabupaten Bangkalan dapat menciptakan pengusaha muda yang nantinya ikut mengembangkan olahan rumput laut.

"Jika sudah tercipta pengusaha-pengusaha yang handal maka secara otomatis akan tercipta lapangan pekerjaan baru bagi anak-anak muda sekitar," imbuhnya.

Menurutnya masyarakat Kabupaten Bangkalan tidak perlu lagi merantau keluar negeri untuk mencari nafkah. Generasi muda Bangkalan harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Baca juga : Kampanye Akbar Di Jateng Meriah, PSI Optimistis Bisa Raup Suara Banyak

"Upaya untuk membangun perekonomian masyarakat Bangkalan adalah dengan melakukan perputaran uang di dalam daerah Kabupaten Bangkalan, " jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa rumput laut tidak memerlukan perawatan yang sulit, tidak membutuhkan pupuk dan setelah dipanen bisa langsung dijual.

"Selain itu juga bisa dijadikan olahan makanan sendiri yang bisa dikembangkan," tuturnya.

Ia mengimbau para Kepala Desa (Kades) yang memiliki daerah pesisir laut untuk ikut mengembangkan tanaman rumput laut ini lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dimiliki.

Baca juga : Drainase Daerah Rawan Banjir Diperbanyak Dong

"BUMDes harus kreatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru salah satunya dengan membudidayakan tanaman rumput laut ini," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.