Dark/Light Mode

Resmikan RSUD Tigaraksa, Pj Bupati: Terima Kasih Bang Zaki, Ini Luar Biasa

Selasa, 19 Desember 2023 10:59 WIB
Bupati Tangerang periode 2013-2023, Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)
Bupati Tangerang periode 2013-2023, Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, resmi beroperasi Senin (18/12/2023). Rumah sakit yang sudah ditunggu-tunggu kehadirannya itu makin memberikan label Kabupaten Tangerang sangat peduli dengan layanan kesehatan, karena kabupaten itu kini mempunyai 4 RSUD.  

Ahmed Zaki Iskandar selaku Bupati Tangerang periode 2013-2023 yang diundang secara khusus turut hadir dalam kesempatan tersebut mengucapkan rasa syukur mengingat kehadiran RSUD Tigaraksa tersebut telah lama dinantikan. RSUD Tigaraksa ini akan menjadi sarana pelengkap dari rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya yang sudah ada di Tangerang. 

Kini Kabupaten Tangerang memiliki 4 RSUD diantaranya adalah RSUD Tangerang, RSUD Pakuhaji, RSUD Balaraja dan RSUD Tigaraksa.

"Alhamdulillah, hari ini kita bersilaturahmi dalam rangka peresmian RSUD Tigaraksa yang kita nantikan bersama," ungkap Bang Zaki, sapaan akrabnya, sambil terus disalami Masyarakat yang kangen padanya. 

Bahkan setiap namanya disebut, tepuk tangan meriah selalu terdengar. Maklum saat Bang Zaki menjabatlah RSUD ini digagas. 

Baca juga : Bantu Kesejahteraan Masyarakat, BNI Berbagi Kasih Jelang Natal 2023

Bang Zaki menyampaikan sejarah awal mula RSUD Tigaraksa yang pembangunannya dimulai Oktober 2022 lalu. Yakni, karena tingginya kebutuhan fasilitas kesehatan di Kecamatan Tigaraksa dan sekitarnya, yaitu Kecamatan tersebut antara lain, Solear, Cisoka, Cikupa, Panongan, Curug, Jambe dan Legok.

"Ini merupakan RPJMD Tangerang 2018-2023 dimana kebutuhan terhadap fasilitas kesehatan, khususnya di wilayah Kecamatan Tigaraksa dan 7 kecamatan lain di sekitar Tigaraksa memang sangat tinggi," terangnya.

Bang Zaki memang diberi panggung dalam peresmian itu, ucapan terima kasih bertubi-tubi datang kepadanya. Bahkan Pejabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony turut menyampaikan, terima kasihnya kepada Bang Zaki yang telah berinisiatif melakukan pembangunan di sektor kesehatan. Ini merupakan sebuah kehormatan dapat melanjutkan tonggak estafet pembangunan layanan kesehatan di Kabupaten Tangerang.

"Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Zaki, beliau adalah tokoh masyarakat sekaligus bupati dua periode. Tanpa inovasi beserta jajaran, tidak mungkin dengan jumlah penduduk 3,4 juta dan 29 kecamatan memiliki 4 RSUD serta 44 puskesmas. Luar biasa," serunya.

Dirinya turut mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak yang berkontribusi dalam peningkatan layanan kesehatan. Diharapkan dengan sisa waktu yang ada, RSUD Tigaraksa bisa naik kelas ke tipe B.

Baca juga : Masyarakat Tionghoa Kalbar Dukung Ganjar

Perlu diketahui, RSUD Tigaraksa merupakan rumah sakit tipe C yang memiliki 117 tempat tidur rawat inap. Di antaranya 76 tempat tidur kelas tiga, 12 tempat tidur kelas satu, 6 tempat tidur VIP, 2 tempat tidur VVIP, 16 tempat tidur insentif (ICU, ICCU, HCU, PICCU, NICU), kemudian 2 ruang perinatology dan 3 ruang perawatan ibu dan anak.

Selain itu, rumah sakit ini juga didukung 21 tempat tidur layanan Institusi Gawat Darurat (IGD) dan 78 orang tenaga kesehatan serta akan terus bertambah. RSUD ini melayani penyakit dalam, kebidanan dan penyakit kandungan, bedah, orthopedi, urology, anestesi, kesehatan jiwa dan patologi klinik.

"Alhamdulillah bisa kita lihat bangunannya sangat luar biasa dan tentu saja fasilitas sarana prasarana pendukung dan penunjang layanan medisnya sangat luar biasa," tambah Bang Zaki yang sempat berkeliling bersama Pj Bupati. 

Bang Zaki pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab Tangerang yang senantiasa berkomitmen membangun sektor kesehatan demi meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Ia berharap rumah sakit ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Harapan saya kepada RSUD Tigaraksa meski memakan waktu, yakni bisa terus dikembangkan dan melayani masyarakat dengan berbagai fasilitasnya," jelas dia.

Baca juga : Pemda Garda Terdepan Cegah Berita Hoaks Pemilu 2024, Ini Strateginya

Pada kesempatan peresmian itu, Bang Zaki juga banyak mendapatkan ucapan terima kasih dari para masyarakat. Banyak orang mengaku rindu dengan sosok Bang Zaki yang baru saja usai menjabat pada 21 September lalu.

"Saya baru 3-4 bulan (selesai menjabat), masih banyak masyarakat yang nanyain ke saya soal layanan medis. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan ruang intensif care unit," kata dia.

Selain itu, Bang Zaki juga mendapatkan surprise ucapan selamat ulang tahun. Ini membuktikan bahwa Bang Zaki merupakan sosok yang dicintai oleh masyarakat Kabupaten Tangerang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.