Dark/Light Mode

Dipaparkan Kepala BNPT

Penanggulangan Terorisme Fokus Mencegah, Melindungi, Memberantas Dan Bermitra

Kamis, 1 Februari 2024 23:37 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan, strategi penanggulangan terorisme akan fokus pada mencegah, mempersiapkan melindungi, memberantas dan bermitra dalam upaya Penanggulangan Terorisme bersama BNPT.

"Strategi Nasional Penanggulangan Terorisme akan berfokus pada mencegah, mempersiapkan, melindungi, memberantas dan bermitra," kata Rycko dalam acara Senior Level Meeting Densus 88, di Jakarta, seperti dikutip RM.id, Rabu (31/1/2024).

Baca juga : Indonesia Dan Belgia Tingkatkan Kerja Sama Di Bidang Penanggulangan Terorisme

Ia menambahkan, kewaspadaan terhadap ancaman terorisme juga harus perlu ada meskipun pada tahun 2023 telah terjadi fenomena zero terrorist attack.

“Kita perlu tetap waspada, fenomena zero attack tersebut merupakan fenomena yang muncul di atas permukaan dari teori gunung es,” kata Rycko.

Baca juga : Perubahan Kedua Undang-Undang ITE Lindungi HAM Dan Beri Keadilan Ruang Digital

Dia menitikberatkan kewaspadaan yang dimaksud pada proses radikalisasi terhadap masyarakat, khususnya kelompok rentan seperti perempuan, remaja dan anak-anak masih terus berlangsung, utamanya melalui online.

"Proses radikalisasi tersebut dengan adanya peningkatan migrasi pada masyarakat di provinsi dan kota-kota di Indonesia dari intoleran pasif menjadi intoleran aktif, dan dari intoleran aktif menjadi terpapar," jelasnya.

Baca juga : Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur Kendalikan Lingkungan

Dengan hasil yang didapatkan selama 2023 lalu, tak lupa Jenderal polisi bintang tiga tersebut memberikan apresiasi menjaga kondisi Indonesia yang aman dari serangan teroris sepanjang 2023.

“Apresiasi perlu diberikan kepada kita semua, khususnya aparat penegak hukum seperti Densus 88 AT Polri, atas kerja keras dan kinerjanya sehingga mampu menjaga kondisi Indonesia yang aman dari serangan teroris sepanjang 2023," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.