Dark/Light Mode

Dapat Suntikan 12 Kapal Penumpang

Semoga Layanan ASDP Di Pelosok Makin Baik

Senin, 9 Oktober 2023 07:20 WIB
Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno. (Foto: Antara)
Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemberian 12 kapal dari Pemerintah untuk PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) diharapkan bisa meningkatkan layanan untuk daerah pelosok, terutama masyarakat yang tidak bisa mengakses bus dan angkutan umum lainnya.

ASDP mendapat Penyertaan Modal Negara (PMN) Non Tu­nai berupa Barang Milik Negara (BMN) sebanyak 12 unit kapal penumpang.

Pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno berpendapat, pemberian PMN Non Tunai tersebut sudah tepat.

Baca juga : Hari Batik Nasional, Perancang Agnes Budhisurya Gelar Pameran Di Sarinah

“Saya setuju ASDP Indonesia dapat PMN karena ASDP me­layani angkutan penyeberangan pada rute-rute yang tidak ter­jangkau oleh angkutan umum darat seperti bus,” ujar Djoko ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Ia meminta, ASDP mem­berikan kenyamanan bagi para lansia, ibu hamil, anak-anak dan orang dengan kebutuhan khusus (disabilitas).

Pasalnya, saat ia melaku­kan monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan angkutan penyeberangan, masih terda­pat keluhan yang dirasakan penumpang.

Baca juga : Syahrul Masih Ghoib

“Waktu ke Maluku, ada kapal yang sifatnya commuter, orang pulang pergi naik kapal. Buat lansia, sebaiknya diberi ruang di lantai bawah misalnya, jadi nggak perlu naik-naik ke lantai atas, sudah nggak kuat. Ini yang harus jadi perhatian,” sarannya.

Menurutnya, layanan berupa ruang khusus untuk lansia, ibu hamil dan anak-anak bisa dise­diakan untuk kapal yang berla­yar selama satu jam. Sehingga memberi kenyamanan yang lebih baik bagi para penumpang, dengan kondisi tertentu.

Sebelumnya, Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Pus­padewi mengatakan, tujuan dari pemberian BMN ini selaras dengan salah satu misi Pemerintah, yakni mempertahankan tingkat jasa pelayanan. Serta melakukan konsolidasi melalui restrukturasi dan reformasi di bidang sarana dan prasarana perhubungan, khususnya di bidang jasa penye­berangan.

Baca juga : Dubes Rosan: Komunikasi Kunci Kerja Sama Keamanan Dan Ekonomi Di Indo-Pasifik

Menurut Ira, PMN dapat mem­berikan manfaat, baik dari sisi negara maupun masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.