Dark/Light Mode

Terima Kunjungan ACEXI, Moeldoko: Dekarbonisasi Peluang RI Bangun Ekonomi Hijau

Senin, 5 Februari 2024 11:25 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI Purn Moeldoko saat menerima kedatangan Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia (ACEXI), di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (5/2/2024). (Foto: Humas KSP)
Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI Purn Moeldoko saat menerima kedatangan Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia (ACEXI), di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (5/2/2024). (Foto: Humas KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap semua pihak memiliki kesadaran akan pentingnya pembangunan rendah karbon atau dekarbonisasi demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

Dekarbonisasi adalah peluang bagi Indonesia untuk membangun ekonomi hijau yang berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja baru,” tegas Moeldoko saat menerima audiensi Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia atau Association of Carbon Emission Expert Indonesia (ACEXI), di gedung Bina Graha Jakarta, Senin (5/2). 

Baca juga : Sambut Kunjungan Dubes Jepang, Moeldoko Sebut 2 Fokus Baru Yang Ingin Digarap

Sebagai informasi, laporan Bank Dunia ”Indonesia’s Low-Carbon Developmen Pathway” pada 2022, menyebutkan dekarbonisasi dapat menghasilkan manfaat ekonomi senilai Rp 7.000 triliun bagi Indonesia pada 2060, termasuk peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja baru, dan pengurangan biaya kesehatan. Bank Dunia juga menyatakan dekarbonisasi di Indonesia dapat menciptakan lapangan kerja baru sebanyak 11 juta pada 2060. 

Moeldoko mengakui tidak mudah untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya dekarbonisasi karena cakupannya sangat luas. Untuk itu, sambung dia, ACEXI sebagai organisasi yang menaungi para ahli emisi karbon diharapkan bisa menjadi mitra strategis sekaligus jembatan bagi pemerintah dalam mengedukasi masyarakat, terutama bagi para pelaku ekonomi agar terlibat langsung dalam proses dekarbonisasi di Indonesia. 

Baca juga : Terima Kunjungan KSAD, Wapres Minta TNI AD Bantu Rakyat Sukseskan Pemilu

“Sebaiknya upaya yang akan dilakukan dituangkan dalam suatu rencana kerja yang membumi dan dapat diimplementasikan dalam jangka pendek. Jangan seperti mengecat langit,” pesan Moeldoko. 

Pada kesempatan itu, Moeldoko juga menegaskan kebijakan dan orientasi pembangunan Indonesia berpijak pada ekonomi hijau atau green economy. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kebijakan yang berkaitan dengan pemulihan lahan rusak, pencegahan deforestasi, perbaikan pemetaan lahan, hingga percepatan pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). 

Baca juga : Jokowi Terima Kunjungan Presiden Tanzania di Istana Bogor

“Presiden juga mengamanatkan untuk memaksimalkan potensi kredit karbon di Indonesia. KSP juga bergerak soal ini, kita bentuk Tim Percepatan Implementasi Perdagangan Karbon,” ujar Moeldoko

Sementara itu, Ketua Umum ACEXI, Lastyo Lukito, menyatakan pihaknya telah menginisiasi gerakan dekarbonisasi. Melalui gerakan tersebut, jelas dia, diharapkan bisa mendorong masyarakat semakin menyadari akan pentingnya transisi ekonomi hijau. “Salah satu yang kita siapkan, kita sudah bangun training sertifkasi dan lainnya,” ucap Lastyo. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.