Dark/Light Mode

Susuri Sumbar, Menko PMK Cek Penanganan Banjir Bandang Dan Longsor

Sabtu, 16 Maret 2024 18:49 WIB
Foto: Humas Kemenko PMK.
Foto: Humas Kemenko PMK.

 Sebelumnya 
Sementara dalam kunjungannya di Kabupaten Pesisir Selatan, Menko PMK meninjau posko Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) di Nagari Duku Utara, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

MDMC Sumbar telah melakukan aksi tanggap membantu masyarakat terdampak bencana banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Mereka telah membuka posko kesehatan dan dapur umum yang memenuhi kebutuhan makanan untuk masyarakat terdampak.

Baca juga : Sampaikan Pesan Presiden, Menko Hadi: Jangan Ada Karhutla Saat Ramadan Dan Lebaran

Muhadjir melihat langsung proses pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh MDMC dalam menangani penyakit pasca bencana banjir, seperti gatal-gatal, dan gangguan pencernaan.

Selain itu dia juga mengecek pelayanan kesehatan pada masyarakat terkena bencana di Puskesmas Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, sekaligus menjenguk warga yang menjadi korban dan menjalani rawat inap.

Dalam kesempatan kunjungannya di Puskesmas Tarusan, Muhadjir menyerahkan bantuan obat-obatan, serta santunan untuk ahli waris korban meninggal dunia terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca juga : Puasa Bisa Mencegah Penuaan Dini Lho..

Dari Kabupaten Pesisir Selatan, Menko PMK beranjak menuju Kabupaten Padang Pariaman, dengan menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam.

Muhadjir tiba di Kabupaten Padang Pariaman pada sore hari, menjelang magrib.

Di Lapangan Nagari Sikucua, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman,

Baca juga : Ketemu Dubes Saudi, Menag Yaqut Bahas Persiapan Haji 2024 Dan Visa

Muhadjir memberikan semangat pada para warga yang terkena dampak banjir, supaya tetap bisa beraktivitas normal selepas bencana.

Juga, tidak berlarut-larut dalam kesedihan bila ada anggota keluarga yang menjadi korban bencana. Dia juga menyempatkan berinteraksi dengan warga dan anak-anak.

Muhadjir kemudian menyerahkan bantuan berupa logistik dan menyerahkan santunan untuk ahli waris korban meninggal dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.