Dark/Light Mode

Usai Dinyatakan KPU Jadi Pemenang Pilpres

Prabowo Panen Ucapan Selamat Pimpinan Dunia

Sabtu, 23 Maret 2024 07:00 WIB
Usai Dinyatakan KPU Jadi Pemenang Pilpres Prabowo Panen Ucapan Selamat Pimpinan Dunia

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pemimpin dunia berbondong-bondong menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto setelah secara resmi dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres). Mereka antara lain, Presiden China, Perdana Menteri (PM) Jepang dan Raja Arab Saudi.

PM Malaysia Anwar Ibrahim menjadi petinggi negara yang pertama kali menyampaikan ucapan selamat selamat setelah pengumuman resmi KPU, Rabu (20/3/2024).

“Selamat, semoga sukses dan saya yakin Pak Prabowo mampu mengemban amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia yang berkelanjutan,” tuturnya.

Baca juga : Ketua DPRD: Banyak Kegiatan Copy Paste

Selanjutnya, PM Jepang Fu­mio Kishida mengirimkan su­rat ucapan selamat. Kishida juga menyinggung peningkatan hubungan Jepang dengan Indo­nesia. Kishida berharap Jepang dan Indonesia terus bekerja sama dalam menangani situasi regional maupun internasional.

“Kita memiliki prinsip dan nilai fundamental yang sama, yang juga memiliki hubungan bersejarah di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, dan budaya,” jelas Kishida, dikutip dari pernyataan Kedubes Jepang, Kamis (21/3/2024).

“Kami menantikan untuk bermitra erat dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulai­nya masa jabatan pada Oktober nanti,” pungkasnya.

Baca juga : Tim Garuda Siap Akhiri Kutukan

Sementara itu, Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan PM Singapura Lee Hsien Loong menulis surat ucapan selamat kepada Prabowo.

PM Lee menyebut Prabowo telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mening­katkan kerja sama kedua negara.

Lee turut menyoroti peluang perluasan kerja sama Indonesia-Singapura, seperti mencakup ekonomi hijau dan digital, layan­an kesehatan dan pengembangan sumber daya manusia.

Baca juga : Aldila Dan Kato Melaju Mulus

Dari Eropa, Presiden Swiss Viola Amherd turut mengu­capkan selamat kepada Prabo­wo-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pilpres 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.