Dark/Light Mode

Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika RI

Rakyat Merdeka Adalah Sahabat yang Jujur!

Senin, 22 April 2024 08:16 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (Foto: Qori/RM)
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (Foto: Qori/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berkomitmen untuk menghormati kebebasan pers dan kebebasan berpendapat, termasuk di era digital. Perlu disadari bahwa pers tetap memegang peranan krusial dalam memproduksi informasi publik yang akurat dan kredibel di era digital.

Perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan bagi pers dalam menjangkau audiens yang lebih luas, mulai dari otomatisasi dengan kecerdasan artifisial, diversifikasi saluran diseminasi produk jurnalisme, hingga kecepatan penyebaran informasi secara real-time. Meskipun demikian, pers juga dihadapkan pada tantangan baru di mana semakin banyak pihak yang mampu memproduksi dan mendistribusikan informasi dengan memanfaatkan berbagai saluran informasi, terutama media sosial. Kondisi ini menyebabkan munculnya potensi information disorder (kekacauan informasi) di ruang digital baik dalam bentuk misinformasi, disinformasi, maupun mal-informasi.

Kemenkominfo mendukung dan mendorong Pers Indonesia mengembangkan inovasi digital agar kerja jurnalisme lebih massif penyebarluasan produk jurnalismenya. Untuk memanfaatkan potensi teknologi dalam kerja jurnalisme, Kemenkominfo mendukung industri pers mengembangkan inovasi digital agar kerja dan produk jurnalisme terus adaptif dan agile. Dukungan nyata pemerintah dari sisi regulasi ditunjukkan dengan lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights yang didasarkan pada spirit jurnalisme berkualitas dan keberlanjutan industri media.

Baca juga : Diduga Goda Anggota PPLN Perempuan, Ketua KPU Belum Kapok?

Selain itu, insan pers juga dapat memanfaatkan berbagai pelatihan pengembangan keterampilan digital melalui skema Digital Talent Scholarship (DTS) untuk pengembangan keterampilan data analytics, data science, content creation, dan sebagainya. Kemenkominfo juga membuka kesempatan bagi insan pers untuk memanfaatkan Beasiswa S2 Kominfo di berbagai universitas dalam dan luar negeri dengan tema yang terkait dengan transformasi digital.

Pers memiliki peran penting dalam mengawal pemberitaan yang mencerdaskan, mencerahkan, dan menjaga persatuan bangsa. Sebagai salah satu pilar demokrasi, pers diharapkan dapat senantiasa memberikan informasi kredibel dan bertanggung jawab dalam membuat maupun menyebarkan produk pers.

Tanggung jawab tersebut juga sesuai dengan nafas Perpres Publisher Rights yang salah satunya ditujukan untuk mendukung pencegahan penyebaran disinformasi demi mewujudkan jurnalisme berkualitas. Oleh karena itu, saya berharap pers dapat menjaga integritas dan berpegang teguh pada kode etik jurnalistik. Selain itu, saya berharap sinergi antara pers dengan pemerintah dan masyarakat terus berjalan untuk memberantas berita-berita hoaks di ruang digital. Pers menjadi elemen sangat penting sebagai mitra strategis dalam mewujudkan ruang digital yang bersih dan sehat.

Baca juga : Jokowi Akrab Sama Paloh, Imin Mesra Dengan Dasco

Pemerintah mendukung penuh peran pers dalam menjalankan fungsinya untuk menyampaikan kebenaran, mendidik, dan menjalankan peran kontrol sosial. Sebagai orang yang tumbuh di dunia pers, saya sangat mendukung dan menghargai sifat kritis pers yang konstruktif, objektif dan berimbang. Pers yang bebas dan bertanggung jawab adalah penopang penting demokrasi yang sehat dan masyarakat yang maju.

Saya melihat Rakyat Merdeka sebagai sahabat. Seorang sahabat itu jujur: mengatakan ya jika ya, dan tidak jika tidak. Pujian ataupun kritikan disampaikan apa adanya. Itu penting untuk membangun satu sama lain.

Selamat ulang tahun untuk Harian Rakyat Merdeka! Semoga Rakyat Merdeka terus eksis dan berkembang di tengah era digital yang penuh tantangan. Saya yakin Rakyat Merdeka terus menjadi media yang terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah terus mendukung Rakyat Merdeka untuk turut memajukan jurnalisme Indonesia yang mencerdaskan bangsa.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.