Dark/Light Mode

Bendungan Sepaku Semoi Diresmikan Jokowi, IKN Akhirnya Dapat Sumber Air Bersih

Selasa, 4 Juni 2024 16:32 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/6)
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/6)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat di Ibu Kota Nusantara (IKN) akhirnya bisa merasakan air bersih berkat diresmikannya Bendungan Sepaku Semoi. Bendungan ini akan menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan air baku IKN dan sebagian wilayah di Kota Balikpapan

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,” ucap Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/6). 

Peresmian ini ditandai dengan pemutaran replika logo PUPR dan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, Raja Juli Antoni, PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dan PJ Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Baca juga : Menteri Basuki: Presiden Jokowi Akan Ngantor Di IKN Akhir Juni-Awal Juli

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dilakukan pada 2020 dan selesai pada 2024.  “Bendungan ini akan menjadi sumber air baku di IKN Nusantara dan sebagian untuk Kota Balikpapan,” kata Jokowi.

Sementara Menteri Basuki mengatakan, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter/detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter/detik. 

"Saya kira sudah 100% penuh, full 16 juta m3. Bendungan Sepaku Semoi sudah siap menjadi sumber air baku untuk IKN Nusantara dan Kota Balikpapan 500,” kata Basuki. 

Baca juga : Gerindra Apresiasi Jokowi-Puan Mesra Di WWF Bali

Bendungan Sepaku Semoi memiliki luas genangan 322 ha dengan kapasitas tampung 16,17 juta m3. Bendungan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 2.500 liter/detik dan mereduksi banjir 68% kawasan terdampak yakni seluas 1700 ha.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berada dibawah tanggung jawab Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR dengan kontrak tahun jamak 2020-2024 senilai 836 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya - PT Sacna - dan PT BRP (KSO).

Ketua Lembaga Adat Paser Kecamatan Sepaku Hasanudin mengatakan turut senang dengan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi. “Mudah-mudahan bendungan ini bisa digunakan untuk masyarakat di IKN dan sekitarnya,” ujar Hasanudin. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.