Dark/Light Mode

Ketemu Pengusaha Teknologi Di Singapura, Airlangga Bahas Investasi Data Center

Rabu, 5 Juni 2024 15:20 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo bertemu pengusaha teknologi di Singapura, Rabu (5/6/2024). (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo bertemu pengusaha teknologi di Singapura, Rabu (5/6/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto bertemu dan berdiskusi langsung dengan sejumlah pengusaha di sektor teknologi. 

Pertemuan dilakukan di sela-sela dalam lawatan kerjanya ke Singapura untuk menghadiri sejumlah pertemuan dalam agenda Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) tahun 2024, di Ritz Carlton Hotel Singapura, Rabu (5/6/2024).

Dalam pertemuan itu, Airlangga menyampaikan kepada CEO BW Digital, Ludovic Hutier; CTO and MD PDG, Asher Ling, dan MD and Head of Data Centre GAW Capital, Kok-Chye Ong, tentang pentingnya menjadikan Batam sebagai hub utama jaringan kabel serat optik internasional dan domestik. Hal ini mendukung investasi Data Center yang membutuhkan lebih banyak kabel serat optik baru dan keragaman rute yang dapat dijamin oleh landing point kabel di Nongsa Digital Park, Batam.

Baca juga : Prabowo Banjir Pujian

“Batam dapat menjadi lokasi yang sangat kompetitif untuk ekosistem industri digital. Dengan total investasi yang masuk dalam pengembangan Data Center di Batam mencapai sekitar USD3 miliar, pembangunan jaringan kabel serat optik menjadi keunggulan konektivitas dalam pembangunan Data Center di Batam,” ungkap Airlangga.

Selain permasalahan perizinan, ketersediaan air dan energi yang ramah lingkungan juga menjadi topik yang dibicarakan oleh Airlangga. 

Para pengusaha mengharapkan agar tambahan hydro power di Sumatera yang menghasilkan ratusan MW energi ramah lingkungan dapat disuplai ke Batam untuk meningkatkan kapasitas Data Center yang sedang dan akan dibangun. Suplai energi hydro power tersebut akan menjadi game changer sekaligus meningkatkan daya tarik Batam untuk menjadi tujuan investasi.

Baca juga : Prabowo Bicara Perdamaian Dunia

Dalam kesempatan tersebut juga terungkap pembangunan Data Center di Indonesia juga telah dilakukan di berbagai kota seperti di Jakarta, Surabaya, Cikarang, hingga Pekanbaru. Lebih jauh, penyiapan talenta digital juga hal penting agar pengelolaan teknologi digital ke depan dapat dilakukan dengan baik. 

Kehadiran berbagai akademi talenta digital asing di berbagai kota di Indonesia juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan ketersediaan talenta digital.

"Kegiatan talent developtment juga difokuskan untuk memberikan keterampilan yang tepat kepada talenta Indonesia untuk dapat mengelola AI,” pungkas Airlangga.

Baca juga : Ketemu Menhan AS, Prabowo Bahas Soal Modernisasi Alutsista

Turut mendampingi Menko Airlangga dalam kesempatan tersebut diantaranya, Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo, Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto, dan Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral Ferry Ardiyanto. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.