Dark/Light Mode

Bela Palestina Di Singapura

Prabowo Banjir Pujian

Selasa, 4 Juni 2024 07:30 WIB
Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto saat pidato di forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura,Sabtu (1/6/2024). (Foto: IG/Prabowo)
Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto saat pidato di forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura,Sabtu (1/6/2024). (Foto: IG/Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Indonesia Keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji pidato Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto di forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Sabtu (1/6/2024). SBY memuji Prabowo, karena berani bersikap dan berpendapat membela Palestinadi forum internasional.

“Pidato Menhan Prabowo Subianto, yang juga Presiden Indonesia, "strong and also beauti­ful". Pidato tersebut mendapat­kan respons yang umumnya positif dari banyak kalangan. Thanks Pak Prabowo," tulis SBY di resmi X @SBYudhoyono, kemarin.

SBY menganalisa, pidato tersebut meraih simpati kare­na Prabowo mengungkapkan perlunya diwujudkan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat melalui konsep 'two-state solution'. Sang Menteri Pertahanan (Menhan) juga tanpa ragu mengungkapkan kesiapan Indonesia mengirimkan peace­keeping force atau pasukan perdamaian dan medical unit untuk perawatan dan evakuasi penduduk Palestina yang terluka akibat serangan Israel.

Baca juga : Muhammadiyah Tak Mau Terburu-buru

SBY menilai, hal itu menunjukkan keteguhan sikap, sekaligus inisiatif dari pemimpin Indonesia mengatasi perang di Gaza. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengatakan, komitmen yang disampaikan Prabowo juga menunjukkan aksi nyata Indonesia sebagai bagian dari solusi. “Sebagai warga negara Indonesia dan sekaligus mantan Presiden, saya bangga dan mendukung penuh langkah Pak Prabowo,” bangganya.

Sejurus kemudian, SBY menceritakan pengalamannyaketika masih memimpin Indonesia. Sikap yang sama ditunjukkannya dengan mengirimkan pa­sukan pemelihara perdamaian ke perbatasan Lebanon-Israel (tahun 2006 hingga sekarang).

Menurutnya, inisiatif untuk mengirimkan Indonesian Peacekeeping Force itu disampaikannya dalam pertemuan puncak OKI di Kuala Lumpur, dan waktu itu mendapatkan dukungan yang kuat dari banyak kalangan.

Baca juga : Paslon Independen DKI Dikasih Tambahan Waktu

SBY mengatakan, Prabowo sudah berada di jalur yang tepat. "Sekarang, sebagai seorang yang tidak lagi di pemerintahan dan tentu tidak punya kekuasaan (power) untuk melakukan tinda­kan diplomasi, saya perlu secara eksplisit memberikan dukungan kepada pemimpin Indonesia dan juga sekali-sekali menyampai­kan pesan moral dan pemikiran kepada dunia," kata SBY.

"Pak Prabowo, 'you are on the right track' dan telah men­jadi 'foreign policy President'. Good luck and carry on!" lanjutnya.

Sebelumnya, Prabowo tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address pada forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024. Dalam pi­datonya, Prabowo menyoroti sejumlah isu strategis keamanan global yang menjadi perhatian dunia saat ini.

Baca juga : DPR Minta Data Akurat Penerima Subsidi Listrik

Salah satu yang dibahas Prabowo yakni, soal Indonesia akan terus berupaya memberikan bantuan ke Gaza dan jika diper­lukan dan diminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengirimkan pasukan pen­jaga perdamaian. Dia juga siap mengirimkan tenaga medis untuk mengevakuasi warga Palestina.

"Kami telah bersiap melaku­kan apa pun yang kami bisa memberikan bantuan kemanu­siaan sebagaimana diperlukan dan ketika diminta PBB, kami siap menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian yang sig­nifikan untuk mempertahankan dan memantau upaya gencatan senjata ini serta memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua orang," ujar Prabowo.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 4 Juni 2024 dengan judul Bela Palestina Di Singapura, Prabowo Banjir Pujian

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.