Dark/Light Mode

Kumpulkan Pimpinan BUMN Bahas HUT RI Di IKN

Erick: Ini Event Kenegaraan Penting

Kamis, 20 Juni 2024 08:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menggelar rapat dengan para Pimpinan BUMN membahas kesiapan upacara perayaan HUT ke-79 RI di IKN Nusantara di Kantor BUMN, Jakarta, Rabu (19/6/2024).  (Foto: X erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir menggelar rapat dengan para Pimpinan BUMN membahas kesiapan upacara perayaan HUT ke-79 RI di IKN Nusantara di Kantor BUMN, Jakarta, Rabu (19/6/2024). (Foto: X erickthohir)

 Sebelumnya 
Lalu, bagaimana kesiapan IKN? Jelang HUT ke-79 RI, pembangunan IKN terus dipacu. Berbagai persiapan dilakukan, di antaranya bandara VVIP yang diberi nama Nusantara Airport, kawasan Istana Presiden, lapangan upacara, hingga tempat tinggal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, anggaran Rp 79,8 triliun sejak November 2022 telah terserap untuk 104 paket pekerjaan. “25 paket di antaranya tuntas dikerjakan. Ini setara dengan 41,3 persen dari total paket pekerjaan,” urainya.

Progres pengerjaan di lapangan dirasa siap untuk menggelar HUT ke-79 RI. Terutama, di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Lapangan upacara diprediksi bisa menampung 6.300 orang.

Baca juga : Fahri Bachmid: Tidak Apa-apa Kami Akan Hadapi

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga menjelaskan, progres pembangunan kawasan kepresidenan di IKN rata-rata mencapai 80 persen. Rinciannya, Istana Presiden dan Lapangan Upacara 73 persen, serta Kantor Presiden 90 persen.

“Misalnya Agustus itu progresnya sudah 95 persen. Sisa 5 persen itu kan finishing, kemudian tanaman, dan sebagainya, tetapi gedung dan mekanikal elektrikalnya sudah siap,” tegas Danis.

Mengenai hunian, Basuki juga mengklaim telah siap. Termasuk 100 kamar di Hotel Nusantara. Soal prasarana, infrastruktur jalan di IKN sudah bisa digunakan, Agustus mendatang.

Baca juga : Afriansyah Noor: Saya Tidak Terima Sama Pemecatan Ini

Pembangunan hunian ada 47 tower, baik untuk ASN, hankam, dan kepolisian. Namun, 12 di antaranya akan digunakan sebagai tempat singgah petugas upacara. Baru kemudian ASN yang menempati.

Selain itu, pembangunan Nusantara Airport juga sesuai progres. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan adanya ini, para tamu penting seperti menteri dan duta besar (dubes) negara sahabat tak perlu mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Adapun waktu tempuh dari Bandara VVIP ke KIPP IKN hanya sekitar 20 menit. Namun, hingga saat ini progres pengerjaannya sekitar 50 persen. BYU/MEN

Baca juga : KLHK Kebut Restorasi Untuk Lahan Gambut

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 20 Juni 2024 dengan judul Kumpulkan Pimpinan BUMN Bahas HUT RI Di IKN, Erick: Ini Event Kenegaraan Penting

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.