Dark/Light Mode

Program Desa Siap Siaga Tingkatkan Kesadaran Warga Terhadap Ancaman Radikalisme

Kamis, 20 Juni 2024 15:06 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Desa Siap Siaga yang digagas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan dampak yang positif bagi kehidupan warga Desa Kuripansari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Salah satunya, meningkatnya kesadaran warga desa untuk selalu waspada terhadap ancaman radikalisme dan terorisme di wilayahnya.

“Kami tidak ingin radikalisme dan terorisme ada di wilayah kami. Karena itu, warga terus berupaya untuk mengantisipasi agar paham-paham negatif itu tidak mudah masuk ke desa kami,” kata Kepala Desa Kuripansari, Warijan, saat dihubungi, Kamis (20/6/2024).

Menurut Warijan, sejak resmi menjadi percontohan Desa Siap Siaga pada Desember 2023 lalu, desanya telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah masuknya radikalisme dan terorisme.

Baca juga : LAN Datathon 2024 Digelar, Tingkatkan Kesadaran Pengelolaan Data Terintegrasi

Di antaranya, melalui pendataan dan pemantauan terhadap pendatang dari luar desa.

Warijan mengatakan, warga bersama perangkat desa, seperti ketua RT/RW dan kepala dusun, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan, selalu menjalin komunikasi dan koordinasi agar pendataan dan pemantauan terhadap pendatang dilakukan secara detail dan menyeluruh.

“Dari mana asalnya, maksud dan tujuan kedatangannya apa, itu semua harus jelas. Jangan sampai kedatangannya justru untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyimpang," ujar pria yang menjabat kepala desa sejak 2019 tersebut.

Warijan mengatakan, bersama tim BNPT, perangkat desa juga rutin melakukan kegiatan sosialisasi kepada warga mengenai bahaya radikalisme dan terorisme.

Baca juga : Soraya Intercine Siap Tayangkan "Catatan Harian Menantu Sinting"

Sosialisasi itu dilakukan dengan mengumpulkan warga dalam satu forum atau berkeliling mendatangi rumah warga.

“Dalam setiap kesempatan, kami selalu ingatkan warga tentang status desa kami sebagai Desa Siap Siaga. Dengan begitu, warga akan terus meningkatkan kewaspadaan mereka dari ancaman paham-paham radikal,” ucap Warijan.

Program Desa Siap Siaga bertujuan untuk memperkuat kesiapsiagaan sebuah daerah, desa, atau perkampungan dalam mendeteksi adanya gerakan-gerakan radikal dan teroris.

Selain itu, Desa Siap Siaga nantinya juga bisa menjadi alternatif tempat deradikalisasi bagi para mantan narapidana kasus terorisme setelah mereka bebas dari tahanan dan kembali ke daerah masing-masing.

Baca juga : SYL Menimbun Uang Di Kamar Rumah Dinas

Desa Siap Siaga juga termasuk dalam dua kategori Prioritas Nasional BNPT pada 2025, yakni Program Deradikalisasi Luar Lapas dan Kegiatan Kesiapsiagaan Nasional.

Untuk mendukung dua prioritas tersebut, BNPT telah mengajukan usulan penambahan pagu anggaran dari Rp 626,4 miliar menjadi Rp 877 miliar ke Komisi III DPR RI pada Senin, 10 Juni 2024.

Fraksi-fraksi di Komisi III pun memberikan dukungan penuh terhadap usulan BNPT itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.