Dark/Light Mode

September, 1.700 ASN Pindah Ke IKN

Selasa, 2 Juli 2024 08:00 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas memberikan keterangan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Foto: Humas PANRB)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas memberikan keterangan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/7/2024). (Foto: Humas PANRB)

 Sebelumnya 
Dari 40.021 formasi CPNS penempatan IKN tersebut, pemerintah akan memberikan afirmasi sebesar 5 persen untuk putra-putri terbaik Kalimantan Timur. “Ini menjadi kesempatan bagi putra-putri Kaltim untuk terlibat dan mendedikasikan kemampuan terbaiknya bagi bangsa. Salah satunya melalui IKN,” ujar Anas.

Ketiga, dengan mutasi pegawai dari Pemda di sekitar IKN. Pemda di sekitar IKN juga bisa mengajukan pindah ketika ada formasi yang dibutuhkan di IKN. “Tentu saja mutasi ini tetap memperhitungkan efektivitas kinerja pada seluruh Pemda di sekitar IKN,” ungkap Anas.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, ASN yang mau pindah ke IKN bakal dipertimbangkan untuk mendapatkan promosi yang cepat. Promosi ini untuk memancing ASN supaya ada motivasi. Misalnya, pertimbangkan percepatan karir tes, hingga testing place.

Baca juga : Pencairan KIPK, Sesuai Jadwal

“Dia sukses di situ, kita berikan percepatan promosi mungkin nantinya,” kata Tito di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Hingga saat ini, ASN Kemendagri yang sudah mendaftar untuk pindah ke IKN terhitung banyak. Untuk gelombang pertama saja jumlahnya mencapai sekitar 178 orang.

Tito menyebut mereka yang mau pindah rata-rata yang belum berkeluarga. “Terutama yang masih bujangan, yang belum punya anak. Yang mendaftar itu yang pengen ikut saya,” ungkapnya.

Baca juga : Jakarta Darurat Judol Transaksi Tembus 2,3 T

Tito menegaskan, apresiasi memang harus diberikan kepada para ASN yang hendak pindah ke IKN. Sebab, hal itu adalah wujud pengabdian. Ia sendiri mengisahkan pengalamannya sebagai polisi yang sudah malang melintang ditugaskan di mana-mana.

Di dunia maya, banyak warganet yang mengajukan diri untuk pindah ke IKN. Saya belum PNS tapi kalau diangkat PNS siap ke IKN, pak bos,” ujar @jamdinding. “Honorer aja di angkat P3K. Di pindah ke IKN,” timpal @MohSalim299487. “Kalau gak ada yang mau, jadikan saya ASN pak @jokowi,” harap @asrorgepeng. “wah jadi pingin juga nih,” timpal @HadiKamis.

“Kalau ogah pindah, saya kok yakin ya orang Kalimantan siap dan mampu menggantikan menjadi ASN di IKN,” pungkas @Bdrt007. “Yang namanya ASN harus siap ditempatin di mana saja. Kalau gak mau pindah pecat..” ujar @Dodolmeong1. “Yang tua gak mau pindah, tapi yang muda semangat...tinggalin aja yang gak mau,” kata @AlberaD5.

Baca juga : Rumania Vs Belanda, Adu Racikan Mujarab

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 2 Juli 2024 dengan judul September, 1.700 ASN Pindah Ke IKN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.