Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Paling Banyak Disowani Tamu Asing

Prabowo Makin Happy

Senin, 18 November 2019 06:13 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjalan dengan Menhan Amerika Serikat Mark Thomas Esper di sela-sela rangkaian ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Retreat and 6th ADMM-Plus, Sabtu (16/11) di Bangkok,  Thailand. (Foto: Twitter@Kemhan RI)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjalan dengan Menhan Amerika Serikat Mark Thomas Esper di sela-sela rangkaian ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Retreat and 6th ADMM-Plus, Sabtu (16/11) di Bangkok, Thailand. (Foto: Twitter@Kemhan RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di antara menteri lain, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling banyak disowani tamu-tamu asing. Dan, kelihatannya Ketum Gerindra itu terlihat begitu happy.

Sejak awal menjabat, banyak para Dubes dan delegasi negara sahabat berkunjung ke kantor Prabowo, di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Mulai dari delegasi Rusia, Dubes India, Dubes Malaysia, Dubes Arab Saudi, Dubes Jepang, Duber Yordania. Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr, juga pernah berkunjung. Padahal, sebelumnya, AS disebut pernah melarang Prabowo berkunjung ke negaranya.

Tidak hanya di dalam negeri. Saat berada di luar negeri, Prabowo juga banyak disowani pejabat asing. Contohnya, saat Prabowo menghadiri ASEAN Defense Ministers Meeting (ADDM) Plus, di Anantara Riverside Bangkok Resort, Bangkok, Thailand, yang berlangsung sejak Sabtu kemarin sampai hari ini. Pertemuan ini dihadiri seluruh Menteri Pertahanan di ASEAN. Selain itu, hadir pula Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Di sini, selain ketemu rame-rame di forum, Prabowo juga melakukan pertemuan bilateral dengan para menhan negara lain. Momen pertemuan itu dapat dilihat dari beragam cuitan akun Twitter resmi Kementerian Pertahanan @kemhan. Unggahannya berisi foto-foto Prabowo yang semringah dan nampak gagah di depan perwakilan negara-negara asing tersebut.

Baca juga : Prabowo Lain Sendiri

Dalam berbagai unggahan itu, Prabowo nampak disowani Menhan Thailand, General Prawit Wongsuwon; Menhan Vietnam, General Ngo Xuan Lich; Menhan Brunei Darussalam, Major General (Retired) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yusof; Menhan Filipina, Delfin Negrillo Lorenzana; Menhan Kamboja, General Tea Banh; Menhan Laos, Jenderal Chansamone Chanyalath, dan Menhan Amerika Serikat, Mark Thomas Esper.

Dalam ADMM Retreat, Prabowo menegaskan komitmen Indonesia untuk membangun kawasan Asia Tenggara yang aman dan damai. Prabowo ingin Asia Tenggara disegani kawasan lain. Menurut Prabowo, ASEAN mempunyai potensi kekayaan alam yang luar biasa sehingga menjadi magnet kepentingan kekuatan global.

"Namun, potensi wilayah laut di Asia Tenggara akan sulit dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal jika tidak ada proteksi serta jaminan keamanan dan keselamatan dari masing-masing negara anggota ASEAN," kata Prabowo di hadapan sejumlah Menhan, seperti dikutip Antara, kemarin.

Atas hal itu, Prabowo pun mengingatkan agar ASEAN tidak mudah terpecah belah. Prabowo menegaskan komitmen Indonesia untuk menentang segala bentuk invasi negara.

Baca juga : Piala Super Spanyol Bakal Digelar di Arab Saudi

"ASEAN tidak boleh terpecah belah dan terpolarisasi, yang akan mengakibatkan konflik dan perpecahan. Indonesia secara tegas menentang invasi negara dalam bentuk apa pun dan di wilayah negara mana pun, khususnya di Asia Tenggara," tegas Prabowo.

Keyakinan mengenai kekuatan ASEAN ini, tambah Prabowo, harus dimulai dari kemandirian ASEAN. Khususnya di bidang pertahanan. Kemandirian itu meliputi kerja sama pengamanan laut perbatasan, penyelesaian sengketa perbatasan, industri pertahanan, dan sejumlah bidang lainnya.

Stafsus Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebut, pada setiap pertemuan bilateral itu, Prabowo berdiskusi tentang kerja sama pertahanan. Terutama kerja sama pelatihan dan patroli laut untuk menangkal ancaman terorisme. Prabowo berencana meminta TNI untuk mengirim Taruna-Taruna Akademi Militer Indonesia agar bisa belajar di masing-masing negara, termasuk ke Amerika Serikat. Seperti ke West Point untuk Angkatan Darat, ke Air Force Academy untuk Angkatan Udara, dan ke Annapolis untuk Angkatan Laut.

"Sehingga taruna-taruna yang dikirimkan ke banyak negara berbeda tersebut dapat menyerap pengetahuan kemiliteran dengan sudut pandang negeri lain yang berbeda-beda," terang Dahnil, dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Pakaian Anak Diskon Hingga 80 Persen

Selain itu, Prabowo juga memperkenalkan industri pertahanan Tanah Air. Terutama hasil produksi Pindad. Hal ini diapresiasi Menhan Philipina. Dia merasa puas dengan produk kapal dari Indonesia. Prabowo pun berharap, Filipina bisa membeli lebih banyak produk-produk tank dari Pindad.

Melihat banyaknya pejabat asing sowan ke Prabowo, mantan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyampaikan analisisnya. "Saya terus menganalisa dampak @prabowo pada wibawa pertahanan Indonesia dan kawasan," cuit Fahri di akun Twitternya, @Fahrihamzah, kemarin.

Dia menilai, pertemuan Prabowo dengan sejumlah pejabat asing dikarenakan rasa ingin tahu yang kuat dari asing atas sosok Prabowo. "Masifnya pejabat asing ingin jumpa beliau menurut saya berasal dari rasa ingin tau yang kuat. Harus diakui keputusan @jokowi itu misterius bagi banyak orang, semoga baik bagi kita. Merdeka!" harapnya.

Warganet lainnya bangga dengan dipilihnya Prabowo sebagai Menhan. "Pejabat negara yang populer selain Gubernur DKI adalah Menhan RI, @prabowo. Banyak tamu asing berkunjung ke kantor Menhan selain silaturahim tentunya untuk berdiskusi. Teman diskusi yang menyenangkan itu jika punya wawasan luas dan mampu berbahasa dengan baik," cuit akun @diah_soewarno09. Akun @toappemanu_opu menilai ada yang lebih dari sosok Prabowo. "Kalau orang ihklas banyak tamunya," cuitnya. Akun @Mhadyz menjawab dengan doa. "Semoga bisa mengembalikan kewibawaan negara ini di hadapan negara-negara asing." [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.