Dark/Light Mode

Pulihkan Kelestarian Alam

AMPI Bersama TNI AU Tanam Mangrove di Pantai Tanjung Kait

Selasa, 26 November 2019 00:15 WIB
AMPI bersama Kosekhanudnas I melakukan penanaman pohon Mangrove, di Pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Tangerang, Banten, Sabtu (23/11). (Foto:ampi) 
AMPI bersama Kosekhanudnas I melakukan penanaman pohon Mangrove, di Pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Tangerang, Banten, Sabtu (23/11). (Foto:ampi) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) bersama Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I (Kosekhanudnas) melakukan penanaman pohon Mangrove di Pantai Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Tangerang, Banten, Sabtu (23/11) 
 
Hal ini dilakukan karena dampak ambrasi yang begitu memprihatinkan bagi ekosistem laut dan pantai yang menjadi rusak dan kotor.

Ketua Bidang Kehutanan DPP AMPI, Gorby Tambunan mengatakan, kegiatan tanam pohon mangrove merupakan komitmen AMPI menjaga dan memulihkan kelestarian alam.

Baca juga : Peringati 1 Tahun Jatuhnya JT 610, Lion Air Gelar Tabur Bunga di Perairan Tanjung Pakis

Selain itu, lanjut Gorby, penanaman mangrove ini juga untuk mencegah erosi pantai, pemanasan global, mempengaruhi iklim dan cuaca, menjaga kualitas air dan udara, serta pengembangkan kawasan pariwisata.

“AMPI peduli dengan lingkungan yang saat ini telah terjadi abrasi yang sangat besar, sehingga menyebabkan melebarnya bibir pantai. Maka itu, kami juga mengajak anak muda merawat lingkungan yang ada di sekitarnya. Mari kita pulihkan kelestarian alam,” ujar Gorby dalam keterangan tertulisnya, kepada RMco.id Senin (25/11) malam.

Baca juga : Kota Tangerang Ngarep Jadi Percontohan Pembangunan

Sementara Masrda TNI Samyoga merasa sedih karena dampak 
dari abrasi pantai sudah mencapai 1 KM. Hal ini akan merusak pantai. Maka itu, penanaman mangrove dilakukan guna mencegah abrasi pantai yang lebih parah.

“Selain itu, bibit-bibit mangrove ini diberikan langsung oleh KLHK, dan kita tanam bersama. Harapannya, semoga dengan penanaman mangrove ini pengikisan pantai ini dapat dicegah dan dapat dinikmati oleh anak cucu k dikemudian hari,” tutup Wairjen TNI.

Baca juga : TNI AL Sambangi Kapal Armada ke-7 AS di Jepang

Diketahui, sebelum melaksanakan kegiatan penanaman pohon didahului dengan penyerahan secara simbolis bibit mangrove kepada Satrad 211 dan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu disekitar daerah tersebut. Acara dimulai dengan bersama-sama membersihkan sampah, baik plastik maupun sampah lainnya yang berada di sekitar pantai . [FIK] 


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.