Dark/Light Mode

Jangan Kalah Sama Yang Impor

Jokowi Minta Ayam Lokal Masuk Rest Area

Senin, 9 Desember 2019 23:03 WIB
Foto: Twitter @jokowi
Foto: Twitter @jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengaku heran, restoran ayam dan kopi yang ada di rest area kok itu-itu saja. Tidak pernah berubah. Karena itu Jokowi ingin resto ayam dan kopi diganti yang merek lokal. 

Hal ini diutarakan Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai pemberdayaan UMKM tahun 2020 di Kantor Presiden, Senin (9/12). 

"UMKM ini sudah saya ulang-ulang ke Menteri PU (Basuki Hadimuljono), Menteri Perhubungan (Budi Karya) untuk mengisi sentra-sentra ekonomi di kawasan infrastruktur yang baru yang telah dibangun," kata Jokowi.

Baca juga : Menkeu Kesal Ikut Tercoreng

"Misalnya rest area jalan tol, rest area di jalan tol isi dengan produk-produk brand lokal, karena yang lalu-lalu kita lihat kalau rest area itu pasti isinya kalau kopi ya kopi itu, kalau ayam ya ayam itu, nggak usah saya sebutkan saya kira Bapak Ibu tahu semuanya, ini mulai harus digeser" tambahnya.

Yang dimaksud Jokowi bisa jadi restoran cepat saji seperti KFC atau McDonald, atau kedai kopi Starbukcs yang bertebaran di mana-mana. Termasuk hampir di setiap rest area. Ketiga diketahui berasal dari Amerika Serikat. 

Ditambahkan Jokowi, produk kopi lokal dan ayam goreng lokal saat ini memiliki kualitas yang bagus. Bahkan, banyak kopi lokal dan ayam goreng lokal yang digemari oleh masyarakat.

Baca juga : Senayan Mau Ajak Ngobrol Menkes

"Yang rasanya tidak kalah. Lebih enak dan lebih murah. Sepertiga lebih murah, itu yang dipasang," tegasnya.

Presiden juga minta pemberdayaan UMKM nasional harus menjadi komitmen bersama. Lokasi yang akan mengutamakan UMKM lokal adalah rest area di jalan tol Trans Sumatera.

"Lampung sampai ke Aceh itu berapa ada rest area? Pasang dong brand-brand lokal kita baik yang belum jadi di tol di Jawa juga sama rest area tolong diisi oleh UMKM kita," katanya. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.