Dark/Light Mode

KKP Targetkan Konsumsi Ikan Masyarakat Capai 54,49 Kilogram Per Kapita Per Tahun

Kamis, 12 Desember 2019 14:31 WIB
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Agus Suherman, memukul gong saat membuka Indonesia Seafood Expo, di Jakarta, Kamis (12/12). (Foto: Dok. KKP)
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Agus Suherman, memukul gong saat membuka Indonesia Seafood Expo, di Jakarta, Kamis (12/12). (Foto: Dok. KKP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggenjot konsumsi ikan di masyarakat. Tahun ini KKP, menargetkan tingkat konsumsi ikan masyarakat 54,49 kilogram (kg) per kapita per tahun.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Agus Suherman, mengatakan, angka ini naik dari 2018 yang sebesar 50,69 kg per kapita per tahun. Menurutnya, sampai Oktober ini, sudah sekitar 50 kg per kapita per tahun. 

Baca Juga : Digugat WTO Soal Hilirisasi, Jokowi Nggak Takut

"Tren konsumsi ikan per tahunnya terus meningkat, dan melampaui dari target. Harapannya, itu terjadi, hingga nanti tahun 2024 diharapkan tingkat konsumsi ikan per tahunnya bisa menembus diangka 60 kg per kapita per tahun," katanya dalam acara Indonesia Seafood Expo, di Jakarta, Kamis (12/12).

Agus menilai, peningkatan konsumsi ikan sangat penting. Apalagi Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi. Salah satunya stunting. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, diperkirakan 30,8 persen balita di Indonesia mengalami stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis.

Baca Juga : Emirat Arab Bangun Pabrik Baterai Litium Di Morowali

Agus mengungkapkan, stunting menimbulkan kerugian ekonomi negara sebesar 2-3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Rilis World Bank menunjukkan, kerugian akibat stunting diperkirakan mencapai Rp 260-360 triliun. "Untuk itu, ayo makan ikan agar kita bisa mengatasi masalah gizi buruk di Indonesia, dan Indonesia bisa terbebas dari stunting," ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Agus juga menjelaskan Indonesia Seafood Expo merupakan rangkaian dari Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-6. Pameran ini menampilkan berbagai produk perikanan dan kuliner ikan yang didisplay oleh 34 provinsi, 8 Kabupaten/Kota, 50 UKM, 10 asosiasi/industri, dan mitra Gemar Makan Ikan (Gemarikan) yang akan menempati 130 booth. [KPJ]