Dark/Light Mode

Buka BRIlian Preneur, Jokowi Dorong Pelaku UMKM Tingkatkan Daya Saing

Jumat, 20 Desember 2019 14:00 WIB
Presiden Jokowi mencoba kopi pada acara UMKM Export BRIlian Preneur 2019. Dia ditemani Dirut BRI Sunarso (tengah) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan). (Foto: ist)
Presiden Jokowi mencoba kopi pada acara UMKM Export BRIlian Preneur 2019. Dia ditemani Dirut BRI Sunarso (tengah) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi membuka UMKM Export BRIlian Preneur 2019. Dia mengingatkan, pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing, agar produk UMKM dapat menembus pasar ekspor.

UMKM Export BRIlian Preneur 2019 digelar di Assembly Hall, JCC, Senayan, Jakarta. Acara tersebut berlangsung dari 20-22 Desember 2019.

Hadir dalam kesempatan itu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Direktur Utama BRI Sunarso, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Baca juga : Derita Trump Tidak Akan Melebar Ke Sini

"Menembus pasar global dengan peningkatan daya saing ini bisa dari sisi harga, sisi kemasan, kualitas," pesan Jokowi di sela acara UMKM Export BRIlian Preneur 2019 di Jakarta, Jumat (20/12).

Namun, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan bahwa Indonesia tidak bisa menutup diri dari impor.

Karena itu, ia berpesan para pengusaha tidak melupakan pasar domestik yang sangat besar.

Baca juga : BP Jamsostek Dorong Peningkatan SDM

"Jangan sampai terlalu konsentrasi di ekspor, pasar domestik dilupakan sehingga malah dikuasai produk impor," tegas Jokowi.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, penyelenggaraan acara ini adalah salah satu komitmen BRI, dalam menumbuhkembangkan dan memberdayakan UMKM. Ia menyebut, kredit BRI untuk sektor UMKM mencapai Rp 701 triliun dari total kredit Rp 903 triliun.

"BRI tidak hanya mendorong UMKM naik kelas, tetapi juga mampu menembus pasar global melalui ekspor produk UMKM," katanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.