Dark/Light Mode

Tingkatkan Pelayanan Haji dan Umrah

2020, Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji

Selasa, 7 Januari 2020 12:39 WIB
Penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi (ketiga kiri) kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum (tengah) di lantai dua keberangkatan internasional BIJB Kertajati, Majalengka, Selasa (7/1).
Penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi (ketiga kiri) kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum (tengah) di lantai dua keberangkatan internasional BIJB Kertajati, Majalengka, Selasa (7/1).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, akhirnya ditetapkan sebagai bandara Embarkasi/Debarkasi Haji.

Hal itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menag Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, di lantai dua keberangkatan internasional BIJB Kertajati, Majalengka, Selasa (7/1). 
 
Turut hadir, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar beserta jajarannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Bukhori beserta Kepala Kankemenag,  Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, Dirut PT BIJB Kertajati.

Baca juga : Januari 2020, AP I Kelola Bandara Sentani Jayapura

Dengan penetapan tersebut, jemaah haji Jawa Barat, yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini akan terbang melalui BIJB Kertajati. 

Demikian juga saat pulang dari Saudi, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jemaah, dan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

Baca juga : Tanggap Bencana Banjir Bandang di Sigi, Pertamina Salurkan Bantuan

"Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi," jelasnya 

“Selanjutnya, seluruh jamaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB Kertajati," sambungnya. 

Baca juga : KPK Garap Pejabat dan Eks Pejabat Garuda Indonesia

Menag menegaskan, pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia. Kehadiran Embarkasi/Debarkasi Haji BIJB Kertajati, diharapkan menambah kenyamanan jemaah haji Jawa Barat.

"Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah. Jika memungkinkan akan dilakukan di Jeddah atau saat di pesawat sehingga ketika tiba di Tanah Air, jemaah bisa langsung pulang," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.