Dark/Light Mode

Jokowi Tantang DPR Rampungkan Revisi 79 UU dalam 100 Hari

Kamis, 16 Januari 2020 13:41 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Twitter @jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Twitter @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jokowi Tantang DPR Rampungkan Revisi 78 UU dalam 100 Hari Presiden Jokowi menargetkan,  Pemerintah secara makro mampu membangun kepercayaan publik, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Atas hal itu, Pemerintah mengajukan Omnibus Law ke DPR demi memotong aturan-aturan yang dianggap menghambat.  

"Sehingga yang namanya stabilitas politik, stabilitas ekonomi, stabilitas keamanan menjadi sebuah hal yang mutlak yang harus kita kerjakan," kata Presiden dalam sambutannya dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020, di Jakarta, Kamis (16/1) seperti dikutip antaranews.      

Baca juga : Jokowi Targetkan Omnimbus Law Rampung Sebelum 100 Hari Kerja

Menurut Presiden, Indonesia memiliki tugas besar dalam memperbaiki defisit transaksi berjalan maupun defisit perdagangan. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah berupaya meningkatkan investasi di dalam negeri dengan memperbaiki sejumlah hambatan. Antara lain peraturan yang tumpang tindih baik di tingkat pusat, tingkat provinsi, maupun tingkat kabupaten/kota.      

Hal ini dilakukan salah satunya dengan mengajukan revisi undang-undang melalui Omnibus Law kepada DPR. "Ada 79 Undang-Undang yang akan kita revisi sekaligus. Yang di dalamnya ada 1.244 pasal yang akan direvisi," kata Presiden.          

Baca juga : Jokowi Datang, Kapal China Tinggalkan Natuna

Dia menerangkan, pasal-pasal itu menghambat kecepatan respons pemerintah atas perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat di dunia. Presiden ingin revisi ini berjalan cepat.      

Atas hal itu, Presiden menantang DPR untuk menyelesaikannya hanya dalam 100 hari kerja. "Akan saya angkat dua jempol kalau DPR bisa menyelesaikan ini dalam 100 hari. Tidak hanya saya, saya kira Bapak, Ibu, dan Saudara-Saudara juga wajib mengacungi jempol kepada DPR kalau selesai 100 hari. 1.244 pasal yang harus diselesaikan," tentangnya.        

Baca juga : Jokowi Tahun Baruan di Yogya, Sekalian Resmikan Bendung Kamijoro

Dia menjelaskan, jika revisi undang-undang selesai dengan cepat, maka akan ada perubahan besar dalam pergerakan ekonomi di Indonesia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.