Dark/Light Mode

Di Depan Ketua KPK

Menhub Ajak Pegawainya Jauhi Korupsi

Kamis, 13 Februari 2020 11:42 WIB
Menhub Budi Karya bersama Ketua KPK Firli Bahuri di acara Sarasehan Anti korupsi di kantor Kemenhub , Jakarta, Kamis (13/02).
Menhub Budi Karya bersama Ketua KPK Firli Bahuri di acara Sarasehan Anti korupsi di kantor Kemenhub , Jakarta, Kamis (13/02).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menindak tegas jajarannya yang terbukti terlibat kasus korupsi. 

Ia mengingatkan seluruh pegawainya agar bekerja dengan bersih. Sebab, praktik korupsi itu merupakan perilaku yang merusak dan merugikan.

"Kita tahu korupsi itu merusak, sangat fatal untuk suatu negara. Oleh karenanya, kita harus lakukan effort yang luar biasa," dalam acara Sarasehan Anti korupsi kantornya, Jakarta, Kamis (13/02).

Baca juga : Dua Pasien Kena TBC, Kemenkes Uji Petik Virus Corona

Turut hadir, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Menhub berharap Kemenhub dapat meningkatkan good corporate governance (GCG). Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Menurutnya, pejabat Kemenhub tak boleh bermain-main dengan uang negara. "Kita harapkan nilai-nilai antikorupsi jadi suatu hal yang kita mengerti dan pikirkan," tegasnya.

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini menilai, komitmen tidak menjalankan praktik kotor sesuatu yang membanggakan. Ia menambahkan, pejabat eselon I dan II Kemenhub bisa mewariskan hal tersebut pada generasi berikutnya.

Baca juga : Pembangunan Kalbar Penting Sebagai Penyangga Ibu Kota Baru

Sementara Ketua KPK Firli Bahuri mendukung kegiatan ini sebagai upaya pencegahan korupsi. Apalagi, pada tahun sebelumnya, sasaran yang dituju menunjukkan hal positif.

"Pak Menhub sudah melakukan beberapa hal untuk mewujudkan zona integritas antara lain penguatan sistem pengawasan internal, penguatan aparatur pengawas pemerintah. Zona integrasi itu penting karena sasarannya adalah Kemenhub menjadi wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih dalam melayani," ujarnya

Dalam acara itu, Firli menekankan pentingnya penguatan aparatur pengawas di lingkungan pemerintahan. Sebagai bagian pengawasan, ia meminta Inspektur Jenderal di masing-masing instansi bekerja optimal dan mengkaji ulang sistem pelayanan serta pengadaan barang dan jasa.

Baca juga : Menhub Minta Maskapai Ekspansi Ke Asia Barat

Dalam pertemuan tersebut, Firli ikut meneken komitmen wilayah bebas rasuah bersama Menhub Budi Karya Sumadi. Penandatanganan ini diikuti oleh jajaran eselon I di lingkungan kementerian.

Firli menilai, kunjungannya ke Kemenhub bukan merupakan bentuk safari. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari pencanangan anti korupsi di lingkungan pemerintahan. "Ini bukan safari. Acara ini adalah kegiatan pencanangan komitmen untuk wujudkan wilayah bebas korupsi," katanya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.