Dark/Light Mode

Lepas Dari KPK

Agus Rahardjo Bantu Kapolri Perangi Korupsi

Kamis, 23 Januari 2020 21:07 WIB
Agus Rahardjo. Foto: Twitter @tipidkor
Agus Rahardjo. Foto: Twitter @tipidkor

RM.id  Rakyat Merdeka - Eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo terpilih menjadi satu dari 17 orang penasihat ahli Kapolri. Sesuai bidangnya, Agus akan memberi masukan dalam bidang penanganan korupsi. 

Informasi terpilihnya Agus menjadi penasihat ahli Kapolri tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor: Kep/117/I/2020 tentang pengukuhan, pemberhentian dari, dan pengangkatan dalam jabatan penasihat ahli Kapolri.

Baca juga : Penelitian Dari Australia Jadi Vitamin Baru Untuk Pelabuhan Indonesia


Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Argo Yuwono, S.I.K., M.Si., mengatakan, penunjukkan Agus Rahardjo sebagai staf ahli Kapolri sudah melalui serangkaian analisis.
“Ya semuanya sudah pakai analisis dan evaluasi dari pimpinan Polri,” ungkap Karo Penmas di Kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).


Terpisah, Agus Rahardjo menyambut baik tugas barunya ini. “Insya Allah bisa memberi masukan yang bermanfaat untuk penanganan korupsi di internal maupun luar Polri,” ungkapnya.

Baca juga : Sabam Ajak Gotong Royong Bantu Korban Banjir


Selain mantan Ketua KPK Agus Rahardjo ada Indriyanto Seno Adji sebagai Penasihat Ahli Kapolri Bidang Hukum. Di bidang HAM, penasihat Kapolri yang terpilih yaitu Hendardi, Nur Kholis, dan Ifdhal Kasim.


Kemudian, Indria Samego ditunjuk sebagai Penasihat Ahli Kapolri Bidang Ilmu Politik, Chaerul Huda di bidang hukum pidana, Fachry Aly di bidang sosiologi, Muradi di bidang keamanan dan politik, Hermawan Sulistyo di bidang politik.

Baca juga : KPK Rahasiakan Lokasi Penggeledahan Kasus Suap KPU


Jenderal Pol. Idham Azis juga menunjuk Sisno Adiwinoto sebagai penasihat ahli di bidang ilmu kepolisian, Adi Indrayanto di bidang informasi teknologi, Fahmi Alamsyah di bidang komunikasi publik.


Selanjutnya, Refly Harun di bidang hukum tata negara, Wildan Syafitri di bidang ekonomi, Andy Soebjakto Molanggato di bidang pergerakan kepemudaan.
Terakhir, untuk mengisi posisi penasihat ahli di bidang media sosial, Kapolri menunjuk Rustika Herlambang. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.