Dark/Light Mode

Majestic Banyuwangi Festival 2019

Banyuwangi Kini Makin Moncer

Rabu, 30 Januari 2019 15:28 WIB
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (Foto: Humas Kemenpar)
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (Foto: Humas Kemenpar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Majestic Banyuwangi Festival 2019 yang mengemas 99 event unggulan, kian mengokohkan Banyuwangi, sebagai kota festival terkenal di Indonesia. Betapa tidak. Segenap potensi yang ada di Banyuwangi, terangkum dalam gelaran tersebut. Mulai dari seni budaya, kekayaan alam, hingga kreativitas masyarakat setempat. 

Tahun 2012, daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur itu baru memiliki 12 event. Tahun 2018, melonjak 75 event. Dan tahun ini, naik menjadi 99 event. Semua event ini melibatkan seluruh potensi masyarakat Banyuwangi.

Baca juga : Hanura Tolak OSO Mundur

"Majestic Banyuwangi Festival 2019 tak hanya mengokohkan Banyuwangi sebagai kota festival terkenal di Indonesia, karena keberhasilannya menyelenggarakan Banyuwangi Ethno Carnival. Lebih dari itu, gelaran  ini juga memberi semangat kepada masyarakat Banyuwangi untuk melakukan sejumlah perubahan. Antara lain lebih ramah, bersih, dan sejahtera," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. 

Azwar Anas menjelaskan, semula pendapatan asli daerah (PAD) Banyuwangi tercatat berjumlah Rp 90 miliar. Tapi sekarang, jumlahnya sudah berlipat menjadi Rp 460 miliar. "Ini dinikmati langsung oleh masyarakat," katanya.

Baca juga : Kinerja AP I Makin Moncer

Menteri Pariwisata Arief Yahya turut mengapresiasi Majestic Banyuwangi Festival 2019’ yang menampilkan 99 event. “Ada 30 persen event digital dan milenial, di antaranya Festival Juragan Pintar,” kata Arief. 

Festival Juragan Pintar menghadirkan start up Warung Pintar,  yang merupakan perkawinan warung dengan teknologi dalam pengelolaannya. Sehingga, memberikan kemudahan bagi pemilik warung, serta kenyamanan bagi para pelanggannya. Teknologi ini bisa digunakan sebagai alat promosi pariwisata di Indonesia berbasis digital.

Baca juga : Puan Harumkan Nama Indonesia

Banyuwangi memiliki daya tarik wisata alam kelas dunia. Antara lain Kawah Ijen yang populer dengan blue fire, Taman Nasional Baluran, dan Pantai G-Land yang banyak diminati wisatawan mancanegara alias wisman. Posisi geografis Banyuwangi yang dekat dengan Bali, menjadikan pariwisata kota tersebut bergerak cepat menuju go international. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.