Dark/Light Mode

Hutsos Muara Gembong Jadi Empang

Menteri LHK: Keuntungan Sekali Panen Rp 120 Jutaan

Jumat, 1 Februari 2019 08:01 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH), Siti Nurbaya (kanan) saat berkunjung ke kawasan tambak udang vaname di Muara Gembong, Kab. Bekasi, Rabu (30/1). (Foto: Twitter @Siti Nurbaya Bakar).
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH), Siti Nurbaya (kanan) saat berkunjung ke kawasan tambak udang vaname di Muara Gembong, Kab. Bekasi, Rabu (30/1). (Foto: Twitter @Siti Nurbaya Bakar).

 Sebelumnya 
Target tersebut, telah dipenuhi oleh Kementerian LHK seluas 13,638 juta ha melalui PIAP sesuai SK Menteri LHK Nomor SK.3511/MENLHK-PKTL/SETDIT/KUM.1/5/2018. “Dari target 12,7 juta ha sampai dengan akhir tahun 2018 telah didistribusikan seluas 2,5 juta ha kepada masyarakat berupa akses legal kelola hutan.

Dia berharap, program hutsos dapat mewujudkan keadilan Sosial bagi masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar hutan, serta menimbulkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian sumber daya hutan.

Baca juga : Prabowo Menyakitkan

Sampai saat ini program hutsos telah memberikan akses kelola hutan kepada masyarakat seluas seluas 2,5 juta ha, bagi 592.438 KK, atau telah memberi manfaat kepada 2,4 juta jiwa masyarakat di dalam dan sekitar hutan.

“Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS), merupakan salah satu skema program hutsos yang diimplementasikan khusus di Pulau Jawa (Permen LHK. No. 39 Th. 2016), sampai saat ini akses kelola Hutan Sosial di pulau jawa telah mencapai sejumlah 221 Unit SK seluas 81.431,18 Ha, dengan total keterlibatan masyarakat sebanyak 46.411 KK,” katanya.

Baca juga : Kemenkes Gencarkan Gerakan Jumantik

Sebelumnya, Jokowi menyebutkan program perhutanan sosial yang dijalankan pemerintah memang tidak bisa secara instan berhasil. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.