Dark/Light Mode

KLHK Bantu Petani Tingkatkan Produksi di Tengah Pandemi Corona

Selasa, 31 Maret 2020 14:16 WIB
Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Sinar Mandalawangi dan KUPS Mandalagiri 1 di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menerima bantuan ekonomi produktif dari KLHK. (Foto: Dok. KLHK)
Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Sinar Mandalawangi dan KUPS Mandalagiri 1 di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menerima bantuan ekonomi produktif dari KLHK. (Foto: Dok. KLHK)

 Sebelumnya 
Berdasarkan hasil evaluasi KLHK, pemberian bantuan alat ekonomi produktif mampu meningkatkan nilai tambah produk secara signifikan. Misalnya kopi dari cherry menjadi bubuk kopi ada penambahan nilai tambah sebesar 30-40 persen. Bantuan alat ekonomi produktif nantinya akan disebarkan kepada kelompok-kelompok tani hutan di lima wilayah Balai Perhutanan Sosial. Diantaranya di Sumatera, Jawa-Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua-Maluku.

Baca juga : Yamaha Luncurkan Program Servis Di Rumah Cegah Corona

Besaran anggaran yang disiapkan mencapai Rp 47 miliar. Berupa pengadaan 470 alat ekonomi produktif dan Rp50 miliar melalui peningkatan kapasitas pembangunan Perhutanan Sosial Nasional atau “Bang Pesona” untuk modal usaha.

Baca juga : Gubernur BI: Pemulihan Ekonomi Tertahan Corona

''Dalam pelaksanaan kegiatannya nanti tetap sesuai dengan kaidah pencegahan penyebaran Covid-19. Saya terus mengajak masyarakat mengikuti imbauan pemerintah agar virus Corona tidak menyebar, serta meningkatkan imunitas tubuh dengan minum jahe, wedang uwuh, dan rimpang-rimpangan lainnya yang bermanfaat bagi peningkatan daya tahan tubuh,'' ajak Menteri Siti.

Baca juga : KAI Optimalkan Satgas Penanganan Virus Corona

Sebelumnya KLHK telah membeli produk hasil usaha petani hutan, untuk disalurkan kepada tenaga medis yang bertugas di garda terdepan penanganan virus Covid-19 Corona. Khusus untuk wilayah DKI.Jakarta, disiapkan 2.000 paket produk herbal yang disalurkan ke berbagai RS rujukan pasien Corona. Selain itu 5.000 paket lainnya juga disediakan lima Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan pada masing-masing wilayahnya, dengan total anggaran mencapai Rp780 juta. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.